Jakarta, MobilKomersial.com - Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat akan menyediakan 1.200 bus untuk pelayanan mudik gratis Lebaran Idul Fitri 2019.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menerangkan, pendaftaran mudik gratis tersebut bisa dilakukan secara online dan manual. Untuk pendaftaran online sudah dibuka mulai Kamis (21/3).

"Cara mendaftarkannya sama seperti yang tahun lalu karena ini sudah kita pastikan, yaitu mudikgratis.dephub.go.id ini online," kata Budi saat jumpa pers di kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Rabu (19/3).

Sementara untuk pendaftaran manual, Budi menyebut bahwa saat ini masih belum dipastikan waktunya. "Kalau manualnya nanti ada di dinas perhubungan daerah, kami akan berkoordinasi terlebih dahulu. Diperkirakan akan dibuka sekitar awal April," ungkapnya.

Pemberangkatan penumpang akan dijadwalkan tiga hari sejak H-6 lebaran, yaitu pada 30 dan 31 Mei, dan dilanjutkan pada 1 April 2019. Pemberangkatan bus akan dilakukan di lima titik wilayah Jabodetabek.

Lima titik itu adalah di Monas, dan untuk Bogor di Stadion Pakansari. Selanjutnya ada juga di Depok, kemudian Tangerang di kantor Pemda Kabupaten Tangerang, dan Bekasi  di lapangan Summarecon Bekasi 

Sedangkan untuk kepulangan dijadwalkan pada 7 dan 8 Juni 2019. Titik arus balik juga akan dilakukan di lima titik. Yakni di Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Mangkang Semarang, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Solo, dan Terminal Giri Adipura Wonogiri.

 

Share :

Kemenhub Siap Revitalisasi Terminal Bus Layaknya Bandara

Pemerintah akan berupaya memperbaiki infrastruktur angkutan darat salah satunya adalah merevitalisasi terminal bus Tipe A yang ada di Indonesia.

Read More
Ngerii... Rem Blong. Bus Hampir

Akun youtube truck sumbar32 sempat mengabadikan momen dimana bus pariwisata yang mengangkut wisatawan mengalami kecelakaan

Read More
Suka Naik Bus? Ikuti Kontes Menulis Cerita Bustualang, Hadiahnya Puluhan Juta

Lomba menulis cerita Bustualang terbuka untuk umum. Dan akan diselenggarakan hingga 30 Juni 2019

Read More