Jakarta, MobilKomersial.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai 'mengendur' terkait upaya pemberantasan truk over dimension dan over loading (ODOL).

Kemenhub memutuskan truk obesitas atau truk ODOL akan diberantas secara tuntas pada tahun 2022.

Keputusan itu mundur setahun, di mana yang tadinya akan diterapkan pada 2021, kali ini mundur selama 1 tahun menjadi 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan bahwa secara umum pihaknya mempersiapkan dua langkah, yakni preventif dan represif dalam memberantas ODOL.

"Saat ini kami sudah menekankan untuk mengawasi dan melaksanakan penegakan hukum secara tegas terhadap pelanggar," ujarnya dalam siaran resminya, Rabu (19/2/2020).

Budi Setiyadi menambahkan, untuk menjalankannya, ia melakukan koordinasi dengan para Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat [BPTD] di masing-masing daerah untuk melaksanakan beberapa kegiatan baik preventif maupun represif untuk memperkuat penanganan ODOL.

"Tindakan preventif akan dilakukan bertahap mulai dari hulu hingga ke hilir. Selain itu, juga telah mengundang diler kendaraan truk untuk tidak membuat rancang bangun truk serta memperjual-belikan kepada masyarakat yang tidak sesuai dengan ketentuannya," imbuhnya.

Pihaknya akan melakukan pengecekan secara langsung ke diler atau tempat-tempat penjualan truk untuk mengawasi dimensi yang tidak sesuai dengan rancang bangunnya.

Pembinaan kepada para karoseri maupun operator kendaraan truk juga dilakukan.

Budi menjelaskan tindakan represif juga disiapkan jika ditemukan pelanggar yang masih membandel.

Karoseri atau diler yang membuat atau menjual truk yang tidak sesuai ketentuan akan dikenakan Pasal 277 Undang-Undang No. 22/2009.

"Pihak kepolisian juga akan dilibatkan agar bisa diberikan tindakan secara hukum," tuturnya.

Share :

Iveco Pamerkan Truck Baru S-Way Turbostar Edisi Khusus

didedikasikan untuk warisan TurboStar, salah satu truk paling ikonik, legendaris, dan inovatif yang pernah dibuat, yang membuat sejarah

Read More
Fat Truck Luncurkan Truk Industri Utilitas, Bisa Jalan Diatas Air ?

Kendaraan serba bisa ini mampu berjalan di atas air untuk angkut material hingga mendaki bukit terjal dengan kemiringan ekstrim

Read More
eCanter Jadi Truk Berbasis Listrik Pertama Yang Tampil di UEA

ENOC Link pamerkan eCanter sebagai komitmennya terhadap transportasi perkotaan masa depan

Read More
honda

Terkini

Terpopuler