Jakarta, MobilKomersial.com - Radiator merupakan komponen yang penting pada mobil karena berfungsi sebagai pendingin mesin. Jika mesin mobil yang cepat panas atau overheat dapat berakibat buruk pada mesin.

Namun, beberapa pengguna mobil masih banyak yang bingung apakah air radiator harus menggunakan coolant atau air biasa. 

Belum lagi jika diisi coolant mesin mobil malah overheating, padahal gunanya mengisi radiator dengan coolant agar suhu mesin mobil stabil dan berfungsi lebih baik.

Menanggapi hal tersebut, CEO Wealthy Group, Arief Hidayat menerangkan bahwa, masalah seperti itu bisa saja terjadi.

Baca juga : Tahun 2020, Wealthy Group Geber Produk Aftermarket untuk Mobil Listrik

Menurutnya, tidak ada istilah coolant itu tidak cocok buat mobil baru atau mobil tua. Coolant itu buat mobil yang radiatornya terawat atau tidak terawat.

"Kinerja radiator coolant tidak bekerja sendiri dalam sistem pendinginan. Pertama harus dilihat dulu kondisi radiator," ungkapnya saat ditemui di kantornya di bilangan Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (16/1/2020).

"Apakah dalamannya bersih dan terawat. Tidak ada kotoran dalam ply atau bibit korosif seperti ditandai dengan warna air yang keruh," sambungnya.

Jika airnya keruh, Arief menyarankan agar dikuras terlebih dahulu lalu isi lagi dengan air yang baru hingga air di dalam water jacket bertukar dan warna di bibir air radiator juga jernih. 

"Biasanya radiator seperti itu sebelumnya diisi air sulingan atau air biasa. Kalau sudah bersih total masukkan coolant yang memiliki kandungan yang baik untuk mesin," imbuh Arief. 

Share :

Pelumas Mobil™ Resmi Diproduksi di Indonesia

Salah satu produk yang mulai diproduksi adalah Mobil Super Moto™, yang mana produk ini merupakan pelumas yang diperuntukkan bagi sepeda motor.

Read More
Bridgestone Resmi Buka Pusat Ban Truk BTTC di Cipondoh

Pusat ban truk bernama Bridgestone Truck Tire Center (BTTC) ini memiliki akses dekat jalan tol dan dekat dengan beberapa kawasan industri.

Read More
Kembangkan Produk, Goodyear Pilih Simulator Mengemudi Grade VI

Goodyear umumkan peningkatan perkembangan kapabilitas produk dengan pembelian new VI-grade driving simulators.

Read More