Jakarta, MobilKomersial.com - Bunyi berdecit yang tidak wajar pada bagian pengereman terkadang mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Jika sudah timbul bunyi dari bagian-bagian tersebut disebabkan oleh rem atau kampas kopling.

Bunyi berdecit yang ditimbulkan oleh rem biasanya disebabkan oleh piringan kampas rem atau kopling yang sudah tidak rata. Kampas kopling yang tidak rata ini disebabkan oleh bagian permukaan cakram yang sering mengalami benturan.

Gesekan kampas kopling yang terjadi saat mobil sedang berjalan bisa mengakibatkan bagian permukaan cakram tersebut panas dan tentu bisa membuat piringan tersebut mudah penyok. 

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut cara menghilangkan bunyi akibat rem mobil bermasalah.

 

Rem kotor

Bunyi berdecit timbul biasanya karena banyaknya kotoran yang menempel pada rem menjadi keras. Kotoran yang menumpuk akan bergesekan dengan piringan/tromol. Untuk mengatasinya kita perlu membawanya ke tempat cuci mobil dan tunggu sampai kering. Cara lainnya Anda dapat membersihkan sendiri kampas rem tersebut di rumah. 

Caranya cukup mudah yaitu gunakan cairan khusus untuk membersihkan bagian kampas rem mobil. Anda bisa menyemprotkan carian Wealthy Brake Cleaner pada bagian yang bermasalah. Cairan ini aman dan efektif menghapus debu, oli, kotoran, lemak dan minyak rem pada disc, drum rem dan kopling.

Namun akan lebih baik dan maksimal jika anda membawanya ke bengkel, karena di bengkel sistem pengereman mobil Anda akan dibongkar kemudian dibersihkan seluruh bagiannya.

Share :

Berikut Tips menggunakan Ban Serep dengan Aman ala Hankook

Jika dilihat dari segi peruntukannya, ban serep sementara atau ban cadangan cenderung lebih kecil, tipis, dan lebih ringan dibanding ban biasa atau bawaan mobilnya.

Read More
Hindari Kecelakaan, Kenali Area Blind Spot pada Truk

Blind spot sendiri merupakan area di sekitar kendaraan di mana pengemudi tidak dapat melihat kendaraan lain pada saat berkendara,

Read More
Dunlop Beberkan Tips Hindari Hydroplaning di Jalanan Basah

Hydroplaning adalah kondisi di mana ban kendaraan roda empat melayang di atas permukaan jalan karena tidak mampu menepis genangan air

Read More
honda

Terkini

Terpopuler