Jakarta, Mobilkomersial.com - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Japek Elevated) resmi beroperasi dan dibuka untuk umum. 

Hadirnya tol sepanjang lebih dari 36 km ini dianggap menguntungkan bagi para pengusaha truk.

Kendati saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan peraturan larangan mobil barang dan bus melintas di Japek II Elevated.

Dilansir Detikcom, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Kyatmaja Lookman, mengungkapkan bahwa, kemacetan yang biasa terjadi bisa menurun karena kendaraan pribadi yang menempuh jarak jauh beralih ke tol layang.

"Ya kalau dilihat dari 2 hari ini, sepertinya traffic membaik ya. Ada pengurangan kemacetan cukup signifikan," tutur Kyatmaja dikuitp Detikcom, Senin (16/12/2019).

Baca juga : Truk dan Bus Dilarang Lewat Tol Layang Jakarta-Cikampek

Saat proyek tol layang tengah berjalan, Kyatmaja mengatakan truk-truk yang biasanya hanya menempuh waktu satu jam dari Cikarang ke Jakarta, karena terjebak macet bisa lebih lama yakni 2-3 jam.

"Kini kemacetan menurun dari 30 hingga 40 persen. Kami setuju dengan pembatasan golongan kendaraan. Sebab, salah satunya melancarkan mobilitas truk walau operasi di bawah," pungkasnya.

Kyatmaja melanjutkan dari segi aspek keamanan juga tidak memungkinkan untuk truk besar melewati, khususnya yang bersifat darurat. Sebab akses keluar tol Japek II hanya tersedia di ujungnya saja.

"Exit-nya (pintu keluar) jauh, takut kalau ada masalah repot evakuasinya. Kemudian kalau ada kecelakaan parah, truk jatuh nanti malah repot," jelas Kyatmaja.

Simak juga : Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menyampaikan, batas kecepatan kendaraan yang melintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek adalah 60-80 km/jam.

"Kenapa kecepatan tidak boleh lebih dari 80 km/jam, karena sambungan yang belum bagus. Jika kecepatan di atas 80 km/jam menimbulkan sedikit lompatan untuk kendaraan dan cukup berbahaya," terang Budi Setiyadi.

Share :

Ini Spesifikasi Truk Super Speed Fuso FM 517 HL

Truk Fuso FM 517 HL biasanya memiliki empat jenis karoseri yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna yaitu Motor Carrier, Box Besi, Bak Kayu, dan Tangki.

Read More
Melihat Spesifikasi Truk Water Canon, yang Kini Digunakan untuk Menyemprot Disinfektan

Sesuai dengan kemampuannya untuk menyemburkan air dengan kekuatan tinggi, water cannon juga dimanfaatkan untuk menyemprot disinfektan agar seluruh sisi jalan dapat terjangkau.

Read More
Jangan Khawatir, Tetap Bisa Service Truk Isuzu Meskipun di Rumah Saja

Sebagai bentuk dukungan pada kampanye #dirumahaja, Isuzu mengerahkan 136 armada Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) di seluruh Indonesia untuk terus beroperasi dalam membantu pelanggan Isuzu.

Read More