MobilKomersial.com -- Warga bangka khususnya Pangkal Pinang pasti tidak asing dengan alat transportasi bus yang terbuat dari Kayu. Oto Pownis, sebutan untuk moda transportasi dari Pangkalpinang menuju Sungailiat a (Pinkong-Liatkong).

Di tahun 1970, 1980 hingga 1990 Pownis sendiri beroperasi sekitar 53 unit. Basis bus kayu ini sebenarnya truk medium. Pownis menjadi bus terakhir yang tersisa dari bus kayu Bangka.

Pownis menggunakan mesin Mitsubishi Colt Diesel 100 PS, dan hampir keseluruhannya terbuat dari kayu seperti tempat duduk, jendela hingga pintu. Biasanya kayu yang digunakan adalah kayu Ubak atau Medang, Mentangir dan Menggris.

Kaca jendela mobil ini bisa dinaik turunkan sesuai kondisi dan cuaca. Uniknya, untuk bagasi penumpang ada di bagian atas mobil.

Share :

Hino Microbus 110 SDBL, Usik Keberadaan Elf dan HiAce

Microbus 110 SDBL kini hadir dengan bodi yang jumbo

Read More
12 Operator Bus Siap Beroperasi di Bandara Kertajati

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) menggandeng 12 PO untuk melayani transportasi penumpang ke Bandara Kertajati, Majalengka.

Read More
PO Rosalia Indah Buka Rute Baru Tegal - Malang PP

Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah membuka rute baru dari Tegal, Jawa tengah tujuan Malang, Jawa Timur. rute baru Pulang Pergi (PP) ini akan dioperasikan mulai tanggal 24 Mei 2019 besok via Tol Trans Jawa.

Read More
honda

Terkini

honda

Terpopuler

honda