MobilKomersial.com -- Warga bangka khususnya Pangkal Pinang pasti tidak asing dengan alat transportasi bus yang terbuat dari Kayu. Oto Pownis, sebutan untuk moda transportasi dari Pangkalpinang menuju Sungailiat a (Pinkong-Liatkong).

Di tahun 1970, 1980 hingga 1990 Pownis sendiri beroperasi sekitar 53 unit. Basis bus kayu ini sebenarnya truk medium. Pownis menjadi bus terakhir yang tersisa dari bus kayu Bangka.

Pownis menggunakan mesin Mitsubishi Colt Diesel 100 PS, dan hampir keseluruhannya terbuat dari kayu seperti tempat duduk, jendela hingga pintu. Biasanya kayu yang digunakan adalah kayu Ubak atau Medang, Mentangir dan Menggris.

Kaca jendela mobil ini bisa dinaik turunkan sesuai kondisi dan cuaca. Uniknya, untuk bagasi penumpang ada di bagian atas mobil.

Share :

Lima Bus Buatan Karoseri Laksana Hadir di Busworld SEA 2019

Di pameran bus dunia ini, Laksana juga memamerkan beberapa produknya, ada lima produk yang tampil, 2 di booth Laksana, 2 di booth Volvo dan 1 lagi di booth Mercedes-Benz.

Read More
72 Armada BRT Trans Semarang Mulai Gunakan BBG

Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang kini sudah menggunakan bahan bakar gas (BBG). Sebanyak 72 armada bus Trans Semarang koridor 1, 5, 6 dan 7 telah menerapkan BBG layaknya bus Transjakarta.

Read More
Ini Dia Spesifikasi Adi Putro Jetbus 3+ Ultra High Deck

Di ajang Busworld South East Asia 2019, produk dari Adi Putro, Jetbus 3+ Ultra High Deck hadir di booth Volvo.

Read More