Jakarta, MobilKomersial.com - Inovasi bodi kendaraan tak hanya dijumpai pada kendaraan kecil seperti mobil dan motor. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi, bus juga mengalami perubahan atau modifikasi agar terlihat menarik.

Setelah sebelumnya membahas tentang bus Lower Deck, kali ini MobilKomersial.com akan membahas lebih jauh mengenai bus High Deck (HD). Bus High Deck, dari tata bahasa sudah jelas bahwa bus jenis ini merupakan bus yang memiliki body yang lebih tinggi dari Normal Deck dan Lower Deck.

Karoseri bus di Tanah Air semakin berlomba-lomba untuk membuat bus dengan model lebih tinggi. Terbukti sejak tahun 2009, telah mulai tren bus dengan deck tinggi ini. Diawali dengan Munculnya New Marco Adiputro, Trisakti Phoenix dan Laksana Legacy. 

Ciri Cirinya bus HD yaitu mempunyai tinggi kurang lebih 3400 - 3500 mm, hanya beda 10 cm dari bis biasa atau Normal Deck. Sehingga dilihat dari luar secara kasat mata sedikit sulit dibedakan mana bus HD dan Non HD. 

Pada Interior, tempat duduk pengemudi pada bus HD lebih rendah dari bangku penumpang. Selain itu pada bus mesin depan, sudah tidak ditemui "kuburan mesin".

Bus jenis ini membutuhkan pendakian anak tangga satu atau lebih untuk mengakses lantai interior dalam kabin yang ditempatkan pada ketinggian yang lebih tinggi. 

Share :

Lima Bus Buatan Karoseri Laksana Hadir di Busworld SEA 2019

Di pameran bus dunia ini, Laksana juga memamerkan beberapa produknya, ada lima produk yang tampil, 2 di booth Laksana, 2 di booth Volvo dan 1 lagi di booth Mercedes-Benz.

Read More
72 Armada BRT Trans Semarang Mulai Gunakan BBG

Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang kini sudah menggunakan bahan bakar gas (BBG). Sebanyak 72 armada bus Trans Semarang koridor 1, 5, 6 dan 7 telah menerapkan BBG layaknya bus Transjakarta.

Read More
Ini Dia Spesifikasi Adi Putro Jetbus 3+ Ultra High Deck

Di ajang Busworld South East Asia 2019, produk dari Adi Putro, Jetbus 3+ Ultra High Deck hadir di booth Volvo.

Read More