Jakarta, MobilKomersial.com - Inovasi bodi kendaraan tak hanya dijumpai pada kendaraan kecil seperti mobil dan motor. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi, bus juga mengalami perubahan atau modifikasi agar terlihat menarik.

Setelah sebelumnya membahas tentang bus Lower Deck, kali ini MobilKomersial.com akan membahas lebih jauh mengenai bus High Deck (HD). Bus High Deck, dari tata bahasa sudah jelas bahwa bus jenis ini merupakan bus yang memiliki body yang lebih tinggi dari Normal Deck dan Lower Deck.

Karoseri bus di Tanah Air semakin berlomba-lomba untuk membuat bus dengan model lebih tinggi. Terbukti sejak tahun 2009, telah mulai tren bus dengan deck tinggi ini. Diawali dengan Munculnya New Marco Adiputro, Trisakti Phoenix dan Laksana Legacy. 

Ciri Cirinya bus HD yaitu mempunyai tinggi kurang lebih 3400 - 3500 mm, hanya beda 10 cm dari bis biasa atau Normal Deck. Sehingga dilihat dari luar secara kasat mata sedikit sulit dibedakan mana bus HD dan Non HD. 

Pada Interior, tempat duduk pengemudi pada bus HD lebih rendah dari bangku penumpang. Selain itu pada bus mesin depan, sudah tidak ditemui "kuburan mesin".

Bus jenis ini membutuhkan pendakian anak tangga satu atau lebih untuk mengakses lantai interior dalam kabin yang ditempatkan pada ketinggian yang lebih tinggi. 

Share :

Hino Microbus 110 SDBL, Usik Keberadaan Elf dan HiAce

Microbus 110 SDBL kini hadir dengan bodi yang jumbo

Read More
12 Operator Bus Siap Beroperasi di Bandara Kertajati

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) menggandeng 12 PO untuk melayani transportasi penumpang ke Bandara Kertajati, Majalengka.

Read More
PO Rosalia Indah Buka Rute Baru Tegal - Malang PP

Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah membuka rute baru dari Tegal, Jawa tengah tujuan Malang, Jawa Timur. rute baru Pulang Pergi (PP) ini akan dioperasikan mulai tanggal 24 Mei 2019 besok via Tol Trans Jawa.

Read More
honda

Terkini

honda

Terpopuler

honda