Jakarta, MobilKomersial.com - Karoseri Rahayu Santosa asal Bogor, Jawa Barat, sukses memproduksi bus tingkat yang diberi nama Jetliner Double Deck. 

Ini adalah bus termewah yang pernah dibuat oleh Karoseri Rahayu Santosa untuk pasar bus di Indonesia.

Bus pertama Jetliner yang diproduksi dengan kabin penumpang dua lantai ini dibangun di atas chassis Mercedes Benz OC 500 RF-2542.  

Boleh dibilang ini adalah bus single terpanjang di Indonesia karena bus ini memiliki dimensi panjang 13,500 mm, tinggi 4.150 mm dan lebar 2.500 mm. 

Baca juga : Rahayu Santosa, Karoseri Kawakan Indonesia yang 'Mati' Karena Jaman

Jetliner versi Double Deck khusus untuk chassis dengan GVW 24 ton. Perusahaan Otobus (PO) Pelita Paradep, Medan, menjadi konsumen pertama yang mengoperasikan bus mewah ini. 

Untuk bus dengan (GVW) 15 – 16 ton, sudah banyak PO yang memesan bus ini. Diantaranya pelanggan dari area Pulau Jawa Barat yaitu Sinar Jaya, Arimbi dan Nuansa Ilham, dari Jawa Tengah ada Efisiensi, di Pulau Sumatra ada Antar Lintas Sumatra (ALS) dan sebagainya. 

Simak juga : Karoseri Terbesar di Indonesia Bagian 7: Rahayu Santosa

Share :

Bus Sudiro Tungga Jaya Tersesat di Hutan Wonogiri, Kok Bisa?

Bus jurusan Ponorogo-Jakarta itu mulai berangkat dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menuju ke Jakarta melalui kaki Gunung Lawu di perbatasan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Read More
Volvo Luncurkan Bus Artikulasi Bertenaga Listrik di Ajang Busworld International 2019

Bus artikulasi bertenaga listrik ini diluncurkan pada Jumat 18 Oktober 2019 di pembukaan ajang Busworld International di Brussels, Belgia.

Read More
Beroperasi Lagi, Intip 'Daleman' Bus Zhongtong

Bus ini merupakan model Zhongtong 6180GC City Bus (BRT) dengan panjang total 18 meter untuk bus gandengnya

Read More