MobilKomersial.com -- Ban vulkanisir adalah salah satu jenis ban yang dilapisi kembali sehingga hampir menyerupai ban baru yang bertujuan untuk menambah umur ban yang telah digunakan. Proses ini dilakukan dengan cara melapisi kembali ban yang telah aus digunakan dengan tapak baru.

Terkait kekuatan, ban yang melalui proses vulkanisir memiliki kekuatan yang sama dengan ban yang baru.

Namun tahukah Anda bagaimana proses vulkanisir tersebut, berikut videonya :

Video postingan di youtube dari Channel Rakyat

https://www.youtube.com/watch?v=_Yud6_eN3Ng

 

Ban vulkanisir hanya direkomendasikan digunakan pada sisi belakang truk. Hal ini atas pertimbangan keamanan, sebab ban pada sisi depan kendaraan pergerakannya lebih dinamis ketimbang belakang. Apabila dipasang di depan, kondisi itu berisiko akan membuat tapak ban terlepas.

Namun, alangkah baiknya, jika keadaan ban sudah aus diganti dengan yang baru, untuk mempertimbangkan faktor keselamatan dan kenyamanan baik untuk sih pengemudi maupun pengguna jalan lain.

Share :

Cara Mudah Agar Mobil Tetap 'Kinclong' Tanpa ke Salon Mobil

Merawat mobil tidak hanya bagian mesin, tapi juga dari luar atau bodi mobil. Bisa jadi, kondisi cat pada mobil tidak selalu bagus, semakin lama usia mobil, maka cat mobil pun akan semakin memudar.

Read More
Bahan Bakar Boros? Bisa Jadi Ini Biang Keladinya

Filter udara pada mobil maupun motor memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyaring kotoran atau debu dari udara luar yang akan masuk ke ruang pembakaran pada kendaraan.

Read More
Awas, Hal Sepele ini Bisa Bikin Mesin Kendaraan Overheat

Pada kendaraan, suhu temperatur pada mesin tinggi bisa menyebabkan beberapa masalah serius. Satu di antaranya dikenal dengan istilah engine overheat.

Read More