MobilKomerial.com – Siapa tidak tahu Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta atau Perum PPD, ini adalah salah satu badan usaha milik negara di bawah pembinaan Kementerian Perhubungan yang didirikan sejak tahun 1920. Perum PPD banyak sekali memiliki sejarah transportasi di Indonesia. Salah satunya melalui bus jadulnya yakni Mercedes Benz OH 408 Volgren AC.

Di tahun 1990-an, Indonesia diramaikan dengan bus buatan Australia yakni puluhan unit Bus Mercedes-Benz OH 408 berkaroseri Volgren Austrlia yang diperuntukan untuk PPD pada tahun itu.

Bus-bus ini secara khusus didatangkan ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan bus yang layak untuk melayani tamu-tamu negara saat KTT Gerakan Non Blok di Jakarta tahun 1991. Ada yang didatangkan dalam bentuk Completely Built Up (CBU) ada pula dalam bentuk Completely Knock Down (CKD).

Setelah KTT Non Blok selesai, sebagian besar bus Volgreen kemudian dioperasikan oleh Damri dan PPD untuk bus kota, namun ada juga yang disebar di berbagai Kementrian Pemerintah sebagai bus dinas mengingat bus ini memang speknya cukup Istimewa dibanding bus lain di masanya.

Bus buatan Volgren ini bisa menampung penumpang berdiri lebih banyak dibandingkan bus pada umumnya saat itu. Untuk kapasitas terdapat 42 kursi penumpang dengan konfigurasi 2-3.

Mercedes -Benz OH 408 Volgreen dibangun di atas chasis Mercedes – Benz OH 1518.

Bagi yang tahun lalu hadir ke InCUBUS pasti lihat bus PPD Jadul ini. Bus Volgren ini sudah berpindah kepemilikan yang sebelumnya milik kemenhub sekarang dimiliki oleh Po Mulyo Solo.

Bagi yang penasaran bentuknya, bus ini diperkirakan akan hadir di ajang InCUBUS 2019 yang akan diselenggarakan pada 20-22 Maret 2019 di Hall B3 Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta.

 

Share :

Karoseri Tentrem Rilis 4 Empat Bus dengan Bodi Avante H7 untuk PO EPA Star

Keempat bus ini dipersiapkan untuk melayani jalur Payakumbuh-Bandung Pergi-Pulang (PP).

Read More
Volvo Buses Lakukan Uji Penelitian Bus Swakemudi

Penelitian ini dilakukan dengan bus listrik self-driving di jalur uji di area terbatas. 22 orang penumpang dari berbagai usia yang menggunakan angkutan umum setiap hari, merasakan bagaimana bus menangani sembilan situasi lalu lintas yang berbeda mulai dar

Read More
Volvo Mulai Uji Coba Bus Listrik di Kondisi Iklim Panas, Dubai

Uji coba ini juga mengikuti tes global terbaru Volvo Bus atas solusi elektromobilitas Volvo di iklim panas dengan suhu yang sering melebihi sekitar 40°C.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler