MobilKomerial.com – Siapa tidak tahu Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta atau Perum PPD, ini adalah salah satu badan usaha milik negara di bawah pembinaan Kementerian Perhubungan yang didirikan sejak tahun 1920. Perum PPD banyak sekali memiliki sejarah transportasi di Indonesia. Salah satunya melalui bus jadulnya yakni Mercedes Benz OH 408 Volgren AC.

Di tahun 1990-an, Indonesia diramaikan dengan bus buatan Australia yakni puluhan unit Bus Mercedes-Benz OH 408 berkaroseri Volgren Austrlia yang diperuntukan untuk PPD pada tahun itu.

Bus-bus ini secara khusus didatangkan ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan bus yang layak untuk melayani tamu-tamu negara saat KTT Gerakan Non Blok di Jakarta tahun 1991. Ada yang didatangkan dalam bentuk Completely Built Up (CBU) ada pula dalam bentuk Completely Knock Down (CKD).

Setelah KTT Non Blok selesai, sebagian besar bus Volgreen kemudian dioperasikan oleh Damri dan PPD untuk bus kota, namun ada juga yang disebar di berbagai Kementrian Pemerintah sebagai bus dinas mengingat bus ini memang speknya cukup Istimewa dibanding bus lain di masanya.

Bus buatan Volgren ini bisa menampung penumpang berdiri lebih banyak dibandingkan bus pada umumnya saat itu. Untuk kapasitas terdapat 42 kursi penumpang dengan konfigurasi 2-3.

Mercedes -Benz OH 408 Volgreen dibangun di atas chasis Mercedes – Benz OH 1518.

Bagi yang tahun lalu hadir ke InCUBUS pasti lihat bus PPD Jadul ini. Bus Volgren ini sudah berpindah kepemilikan yang sebelumnya milik kemenhub sekarang dimiliki oleh Po Mulyo Solo.

Bagi yang penasaran bentuknya, bus ini diperkirakan akan hadir di ajang InCUBUS 2019 yang akan diselenggarakan pada 20-22 Maret 2019 di Hall B3 Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta.

 

Share :

Damri Hadirkan Layanan Bus Perintis Hingga ke Pelosok Aceh

Damri terus mendukung layanan angkutan perintis untuk menghubungkan daerah satu dengan lainnya guna menjalankan fungsinya sebagai “agent of development” dalam meningkatkan pengembangan wilayah tersebut

Read More
Simak Syarat Perjalanan Terbaru Naik Bus Damri

Diharapkan hal ini mampu meningkatkan kembali animo masyarakat dalam menggunakan transportasi darat, tentunya dengan harapan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia

Read More
Dukung KTT G20, Bus Listrik Merah Putih Buatan ITS Rampung pada Oktober 2022

Pengembangan Bus Listrik Merah Putih tersebut akan terus dilakukan setelah digunakan untuk KTT G20. Bus-bus ini akan digunakan sebagai angkutan umum di Indonesia.

Read More