MobilKomersial.com – Terkait dengan kecelekaan truk yang terjadi di Cipularang pada Senin (2/9) lalu, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mencoba memberikan saran untuk para sopir.

Diketahui kecelakaan tersebut bermula saat dump truk dengan nomor polisi B 9763 UIT (truk 1) mengalami kecelakaan tunggal. Truk tersebut terguling di jalan tol Cipularang arah Jakarta Km 91. Tertutupnya ruas jalan mengakibatkan antrian kendaraan dibelakangnya. Kemudian dari arah belakang dump truk dengan nomor polisi B 9410 UIU (truk 2) menabrak antrian kendaraan tersebut yang berakibat fatal.

Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Hino dan kepolisian, sistem rem dan kemudi berfungsi normal. Dari sini, pihak Hino ingin memberikan tips untuk para pengemudi agar bisa lebih mengantisipasi.

Irwan Supriyono, Senior Executive Officer Technical & Service HMSI mengatakan, “Sopir harus memastikan bahwa kendaraan telah mengunakan gigi rendah –di bawah gigi 4—,  kemudian gunakan engine brake dengan cara melepas pedal gas. Selanjutnya aktifkan rem gas buang (exhaust brake) dan gunakan pedal brake untuk menjaga putaran mesin dan kecepatan kendaraan.”

“Apabila semua pengecekan kendaraan dilakukan dan tahapan pengereman ini dilakukan, maka keselamatan dalam berkendara dapat ditingkatkan. Dan yang terpenting adalah peraturan dipatuhi khususnya kecepatan dan muatan kendaraan. Tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, terutama di jalan menurun,” tambah Irwan.

Atas kejadian tersebut, Hino mencoba untuk memberikan program-program pelatihan mengemudi kepada para pengemudi. “Kami juga telah jauh hari berencana membuat pelatihan untuk mencetak sopir – sopir baru yang berkualitas. Agar keselamatan berkendara dapat terus ditingkatkan,” ungkap Santiko Direktur Sales & Promosi HMSI.

Hino sendiri diketahui sangat aktif dalam menggalakan keselamatan di Jalan, melalui kegiatan Hino Safety Driving Competition. “Kami tidak hanya menjual truk dan bus saja, tetapi juga peduli terhadap keamanan dan keselamatan para pengemudi,” kata Santiko.

Kegiatan Hino Safety Driving Competition telah berjalan sejak tahun 2017, dan telah dilaksanakan di 23 kota di Indonesia.

 

Share :

Cara Mudah Agar Mobil Tetap 'Kinclong' Tanpa ke Salon Mobil

Merawat mobil tidak hanya bagian mesin, tapi juga dari luar atau bodi mobil. Bisa jadi, kondisi cat pada mobil tidak selalu bagus, semakin lama usia mobil, maka cat mobil pun akan semakin memudar.

Read More
Bahan Bakar Boros? Bisa Jadi Ini Biang Keladinya

Filter udara pada mobil maupun motor memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyaring kotoran atau debu dari udara luar yang akan masuk ke ruang pembakaran pada kendaraan.

Read More
Awas, Hal Sepele ini Bisa Bikin Mesin Kendaraan Overheat

Pada kendaraan, suhu temperatur pada mesin tinggi bisa menyebabkan beberapa masalah serius. Satu di antaranya dikenal dengan istilah engine overheat.

Read More