Jakarta, MobilKomersial.com – Kecelakaan yang melibatkan truk di Cipularang pada Senin (2/9) lalu membuat  PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) turut bicara.

“Kami sangat prihatin atas kejadian kecelakaan tersebut. Atas nama manajemen dan keluarga besar Hino Indonesia kami turut berduka dan berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas jatuhnya korban jiwa dan luka,” ucap Santiko Wardoyo, Direktur Sales & Promosi HMSI.

Pihak Hino dikabarkan mendukung kepolisian dalam proses invesigasi dengan mengirimkan tim teknis untuk mengungkap fakta soal kendaraan Hino pada insiden tersebut.

Sebagaimana diketahui kejadian bermula saat dump truk dengan nomor polisi B 9763 UIT (truk 1) mengalami kecelakaan tunggal. Truk tersebut terguling di jalan tol Cipularang arah Jakarta Km 91. Tertutupnya ruas jalan mengakibatkan antrian kendaraan dibelakangnya. Kemudian dari arah belakang dump truk dengan nomor polisi B 9410 UIU (truk 2) menabrak antrian kendaraan tersebut yang berakibat fatal.

Senior Executive Officer Technical & Service HMSI, Irwan Supriyono mengatakan “Tim kami telah melakukan pengecekan terhadap dua unit tersebut di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Temuan di lapangan menunjukkan bahwa semua sistem rem dan kemudi pada kedua truk tersebut dalam keadaan standar dan berfungsi normal (tidak blong).”

Pihak Hino juga menghimbau pengemudi untuk mengoperasikan kendaraan sesuai dengan ketentuan dan kondisi jalan. Apalagi saat kendaraan penuh muatan dan dikendarai dengan kecepatan tinggi, terlebih di jalan menurun, tentu akan sangat sulit untuk dikendalikan.

“Gaya gravitasi mengakibatkan momentum kendaraan yang semakin besar. Sehingga pengereman menjadi berat dilakukan apalagi jika hanya mengandalkan  rem kaki (pedal brake)” tutup Irwan.

Share :

Ikuti Kebijakan New Normal, Begini Aturan Saat Naik Ojek Online

Mengikuti kebijakan itu, pengemudi ojek online (ojol) seperti Grab dan Gojek turut mempersiapkan diri untuk memasuki era new normal yang akan dipakai bagi driver ketika membawa penumpang.

Read More
Pengamat: Transportasi Umum Menuju New Normal Harus Terapkan Protokol Kesehatan

Sektor transportasi umum turut mengikuti protokol kesehatan kondisi normal yang baru atau new normal yang sudah digaungkan pemerintah Indonesia di tengah wabah COVID-19 yang masih tinggi.

Read More
Sejumlah Pelanggaran Masih Dilakukan Selama Penyekatan Arus Balik

Satlantas Polresta Depok menghalau sebuah mobil mengangkut 17 orang berpelat ā€˜Eā€™ yang hendak memasuki Kota Depok malam tadi

Read More