MobilKomersial.com -- Mesin pada bus membutuhkan servis dan diganti oli secara berkala. Hal ini untuk menjaga kondisi mesin tetap baik. Biasanya, oli akan diganti pada kilometer 15 ribu hingga 20 ribu km. Biaya yang dibutuhkan untuk penggantian oli mesin bus cukup lumayan. Karena volumnya yang lebih banyak dari kendaraan pribadi seperti mobil.

Untuk volume juga berbeda-beda setiap produknya. Kalau sasis Hino RK8 berkisar 12,7 liter. Sedangkan sasis Mercedes-Benz OH 1526 bisa mencapai 28 liter. Bahkan untuk sasis premium atau kelas tertinggi bisa memiliki volume yang jauh lebih banyak.

Tapi, rata-rata biaya yang dibutuhkan berkisar Rp 30 ribuan/iter. Jadi untuk biaya keseluruhan tinggal dikalikan saja dengan total volume yang dibutuhkan.

Eits, tapi udah tau belum oli yang cocok untuk bus itu jenis apa?

Karena, selain kode viskositas, indikator penting lain dalam oli mesin adalah API Service Rating dan SAE.

Kalau API Service Rating merupakan standar kualitas pelumas yang berupa dua huruf yang dikeluarkan oleh API (American Petroleum Institute). API adalah sebuah lembaga Amerika Serikat yang mengelompokkan pelumas sesuai unjuk kerja mesin. Tanda klasifikasi pelumas mesin bensin diawali dengan huruf S sedang pelumas mesin diesel diawali huruf C.

Nah, kalau SAE adalah badan internasional yang indeks kekentalannya dipakai internasional. Untuk oli mesin kendaraan pada umumnya, angka indeks kekentalan itu biasanya diikuti huruf W (winter/musim dingin) yang berarti penggunaan sampai – 20 °C. misalnya SAE 5W-20,  SAE 10W–40, atau SAE 20W–40.

Nah kalau untuk bus cocok yang mana nih?

“Rata-rata bus sudah menggunakan API Service yang CI dan semi syntetic. Dan bus biasanya pakai yang SAE 15W-40,” ujar Lesani Adnan selaku Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI).

Di Indonesia, selain SAE 15W-40, ada juga SAE 10W-30 yang juga cocok untuk mesin diesel.

Share :

Rupanya Begini Cara Baca Sasis Bus Scania

Tidak banyak yang memperhatikan apa arti kode yang terpampang di kaca bagian samping atau depan bus. Seperti Scania K410IB 6X2.

Read More
Begini Cara Artikan Kode Sasis Bus Mercedes-Benz OH 1526

Di Indonesia, Mercedes-Benz memiliki 4 jenis sasis, yakni OH, OF, O 500 dan OC 500 RF 2542. Nah, OH, OF itu apa sih?

Read More
Lagi, PO Rosalia Indah Rilis 5 Unit New Jetbus 3+ SDD Bermesin Scania K410IB

Lima unit bus double decker milik PO asal Palur, Solo ini sudah rilis dari KaroserI Adi Putro, asal Malang, Jawa Timur.

Read More

Terkini

honda

Terpopuler