MobilKomersial.com -- Mesin pada bus membutuhkan servis dan diganti oli secara berkala. Hal ini untuk menjaga kondisi mesin tetap baik. Biasanya, oli akan diganti pada kilometer 15 ribu hingga 20 ribu km. Biaya yang dibutuhkan untuk penggantian oli mesin bus cukup lumayan. Karena volumnya yang lebih banyak dari kendaraan pribadi seperti mobil.

Untuk volume juga berbeda-beda setiap produknya. Kalau sasis Hino RK8 berkisar 12,7 liter. Sedangkan sasis Mercedes-Benz OH 1526 bisa mencapai 28 liter. Bahkan untuk sasis premium atau kelas tertinggi bisa memiliki volume yang jauh lebih banyak.

Tapi, rata-rata biaya yang dibutuhkan berkisar Rp 30 ribuan/iter. Jadi untuk biaya keseluruhan tinggal dikalikan saja dengan total volume yang dibutuhkan.

Eits, tapi udah tau belum oli yang cocok untuk bus itu jenis apa?

Karena, selain kode viskositas, indikator penting lain dalam oli mesin adalah API Service Rating dan SAE.

Kalau API Service Rating merupakan standar kualitas pelumas yang berupa dua huruf yang dikeluarkan oleh API (American Petroleum Institute). API adalah sebuah lembaga Amerika Serikat yang mengelompokkan pelumas sesuai unjuk kerja mesin. Tanda klasifikasi pelumas mesin bensin diawali dengan huruf S sedang pelumas mesin diesel diawali huruf C.

Nah, kalau SAE adalah badan internasional yang indeks kekentalannya dipakai internasional. Untuk oli mesin kendaraan pada umumnya, angka indeks kekentalan itu biasanya diikuti huruf W (winter/musim dingin) yang berarti penggunaan sampai – 20 °C. misalnya SAE 5W-20,  SAE 10W–40, atau SAE 20W–40.

Nah kalau untuk bus cocok yang mana nih?

“Rata-rata bus sudah menggunakan API Service yang CI dan semi syntetic. Dan bus biasanya pakai yang SAE 15W-40,” ujar Lesani Adnan selaku Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI).

Di Indonesia, selain SAE 15W-40, ada juga SAE 10W-30 yang juga cocok untuk mesin diesel.

Share :

Bus Wisata 'Gatrik' Siap Bawa Wisatawan Plesiran Kota Ciamis

Bus yang serupa dengan Bandros di Bandung ini akan menjadi sarana untuk memperkenalkan tempat-tempat wisata yang ada di Ciamis.

Read More
Damri Pastikan Bus Menuju Bandara Soekarno-Hatta Tetap Beroperasi

Perum Damri memastikan bus dari dan ke Soekarno - Hatta tetap beroperasi normal meski curah hujan tinggi yang menyebabkan banjir di Jakarta dan sekitarnya sejak pagi ini, Selasa (25/2/2020).

Read More
Mengupas Spesifikasi Bus Double Decker yang Diekspor ke Bangladesh

Sebanyak 10 unit bus tingkat dengan bodi tipe Legacy SR2 Double Decker karya Ungaran, Jawa Tengah ini telah diekspor ke Bangladesh.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler