MobilKomersial.com – Indonesia memiliki banyak perusahaan otobus (PO) yang tersebar diberbagai daerah. Namun, dari sekian banyak PO, ada beberapa yang spesial. Mulai dari model yang terbatas hingga sasis satu-satunya di Indonesia. Nah, PO mana saja yang memiliki keistimewaan tersebut? Berikut ulasannya.

Yang pertama, ada bus dari Putera Mulya yang bodynya dibuat khusus. Body Maxibus XHD garapan karoseri Laksana memang menjadi model yang hanya dibuat untuk PO Putera Mulya. Yang membuatnya berbeda adalah pada tinggi bus yang setara Jetbus SHD 2+ karoseri Adi Putro. Selain itu perbedaan terdapat pada aksen chrome di bagian bawah grill belakang.

Kedua ada bus dari Safari Dharma Raya yang memiliki bus bermodel Tourismo garapan Adi Putro. Nah, model bus ini ternyata juga menjadi satu-satunya di Indonesia. Sasisnya menggunakan MB OH 1830. Model body bus dibuat khusus dengan permintaan dari PO, jadi tidak ada PO lain yang model Tourismo tersebut.

Selanjutnya, ada bus Blue Star yang menggunakan sasis Mercedes-Benz OH 1632. Apa sepseialnya sasis ini? Ternyata sasis ini hanya ada 10 di dunia dan hanya ada 1 di Indonesia. Ditenagai oleh mesin OM 926 LA, 6 Silinder Inline, berkapasitas 7.200 cc yang sanggup memproduksi tenaga hingga 320 Hp. Tentu angka yang sangat besar pada jamannya. Untuk urusan body, Bus Blue Star ini menggunakan body Jetbus SHD 2+ garapan Adi Putro.

Terkahir, ada bus dari KAP Group yakni PO Kurnia, Po Anugerah dan PO Pusaka. Ketiga PO ini didukung oleh bus bersasis Mercedes-Benz OH 1634. Armada yang tersedia untuk melayani trayek Medan dan Aceh ini hanya ada 20 unit di Indonesia. Dan semuanya hanya dimiliki oleh KAP Group.

Pada masanya, bus ini salah satu yang terbaik di Indonesia. Bus ini disokong oleh  mesin diesel OM442A . Sasis bus ini juga menjadi pioneer bus yang menggunakan air suspension serta sistem pengereman ABS dan Retarder. Bodynya digarapan oleh Karoseri Rahayu Sentosa dengan model Setra.

Share :

Rupanya Begini Cara Baca Sasis Bus Scania

Tidak banyak yang memperhatikan apa arti kode yang terpampang di kaca bagian samping atau depan bus. Seperti Scania K410IB 6X2.

Read More
Begini Cara Artikan Kode Sasis Bus Mercedes-Benz OH 1526

Di Indonesia, Mercedes-Benz memiliki 4 jenis sasis, yakni OH, OF, O 500 dan OC 500 RF 2542. Nah, OH, OF itu apa sih?

Read More
Lagi, PO Rosalia Indah Rilis 5 Unit New Jetbus 3+ SDD Bermesin Scania K410IB

Lima unit bus double decker milik PO asal Palur, Solo ini sudah rilis dari KaroserI Adi Putro, asal Malang, Jawa Timur.

Read More

Terkini

honda

Terpopuler