MobilKomersial.com – Jepara melahirkan banyak perusahaan otobus besar, salah satunya PO New Shantika. Namun, sebelumnya PO ini hadir dengan nama PO Shantika saja tanpa “new”. Ditahun 2005, PO Shantika didirikan oleh Bapak Taufiek dengan jalur pertama yakni Jepara -Jakarta PP.

Nama mulai berubah menjadi New Shantika ketika terjadi perpindahan kepemilikan dari bapak Taufiek ke H. Ir. Suhartono dimana beliau adalah pemilik dari Bangun Perkasa yang merupakan investor terbesar untuk PO Shantika.

Namun, ada sejarah yang tercatat oleh PO Shantika. Yakni menjadi pengguna sasis Mercedes Benz OH 1525 pertama yang menggunakan air suspension di Indonesia.

Sasis Mercedes Benz OH 1525 hadir pada tahun 2004 dibekali mesin baru seri OM 906 LA konfigurasi mesin ini masih sama 6 silinder inline yang dilengkapi dengan turbocharger intercooler. Selain itu, mesin ini sudah dibekali dengan Engine Control Unit (ECU). 

Tenaga yang dihasilkan bisa lebih besar, mendapai 245 hp @ 2300 rpm dan torsi 900 nm @ 1200 rpm. Tenaga dari mesin kemudian  disalurkan ke roda via Transmisi manual 6 percepatan.

Saat ini, air suspension menjadi tolak ukur kenyamanan untuk penumpang. Oleh karena itu, banyak pabrikan yang sudah menyediakan sasis dengan jenis suspensi tersebut.

 

Share :

Bus Transpatriot Bekasi Mengaspal, Naik Masih Gratis

Angkutan kebanggaan warga Bekasi, Bus Transpatriot rute II dan III resmi beroperasi

Read More
Sasis Bus Termahal di Indonesia Ternyata Ada di Jakarta

Sasis Scania K310UB-6X2 kah? atau 0C 500 RF 2542?

Read More
Ewako! PSM Makassar Punya Bus Operasional Baru

Beberapa klub yang sudah memiliki bus operasional tim adalah Persib Bandung, Persija Jakarta, Sidrap United, Sriwijaya FC, Bhayangkara FC, Barito Putra, PSIS Semarang, Madura United dan PSMS Medan yang sudah memiliki bus operasional tim.

Read More