Jakarta, MobilKomersial.com - Toyota memiliki mobil varian berbahan bakar solar atau diesel. Yakni Fortuner, Hilux dan Innova. 

Dari semua varian 'solar'nya itu, Toyota menanamkan sistem Variable Nozzle Turbocharger (VNT). Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan. 

Seperti pada Fortuner Diesel, dengan perangkat VNT, produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3.600 rpm jadi 144 PS/3.400 rpm. Sementara torsi yang 26.5 kgm/1.600 - 2.400 rpm  menjadi 35 kgm/1.600-2.800 rpm. 

Baca juga : Lewati Xpander, Avanza Rajai Penjualan LMPV Semester I 2019

Simak juga : Melongok Fitur dan Spek Toyota New Fortuner TRD Sportivo

Nah, untuk mengetahui sistem kerja dari VNT, Didi Ahadi, Department Head of Technical Support Department Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan VNT itu berbeda dengan perangkat turbo biasa.

"Jadi rumah turbin pada mesin VNT dilengkapi dengan sudut-sudut. Sistem kerjanya, aliran gas buang dapat diatur dari kemiringan sudut turbo. Sehingga sudut-sudut itu dapat menyesuaikan kebutuhan power mesin," ungkap Didi ketika dihubungi MobilKomersial.com, Senin (12/8/2019).

Artinya, lanjut Didi, sudut-sudut tersebut dapat diatur besar bukaannya. "Tergantung dari beban mesin, rpm dan banyak variable lainnya. Penggerak sudut itu adalah dari motor listrik," terangnya.

Share :

Toyota Buka Jurus Rahasia Menjaga Truk Tetap Bugar dan Sehat

Inilah 7 jurus membuat truk tetap bugar dan sehat

Read More
Jangan Asal Duduk, Ini Posisi Paling Aman Saat Naik Bus

Saat bepergian dengan transportasi umum seperti bus, ada baiknya ketahui dulu dimana posisi duduk yang aman.

Read More
Mau Touring Bersama Komunitas? Simak Dulu Tipsnya

Berbeda dengan berkendara secara tunggal atau sendirian, berkendara dalam rangkaian membutuhkan kewaspadaan yang lebih untuk menjaga keamanan saat berkendara (safety driving).

Read More