Bandung, MobilKomersial.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana mengalihfungsikan bus sekolah menjadi armada operasional menuju ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Itu dilakukan karena banyaknya bus sekolah yang tidak beroperasi dampak dari sistem zonasi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Ricky Gustiadi seperti dilansir bisnis.com mengatakan, bus sekolah yang dimiliki saat ini tinggal sekitar 13 bus saja yang masih beroperasi. 

"Bus sekolah yang beroperasi 8 sampai 13 dari 24 unit. Sementara sisanya terpaksa tidak dioperasikan karena sepinya penumpang," kata Ricky, di Bandung, Jumat (9/8/2019).

Baca juga : Tahun 2019, Kemenhub Bagi-bagi 100 Bus Sekolah Gratis

Ricky menyebut, pihaknya akan terlebih dahulu mengkaji ulang terkait fungsi dari bus sekolah. Namun saat ini bus-bus sekolah yang dioperasikan melayani empat koridor itu tidak beroperasi lagi karena dampak dari sistem zonasi.

"Jumlah penumpang (isi) walaupun udah dikurangi tetap sepi. hanya rute Leuwipanjang-Dago masih bagus karena ada sekolah swasta," ungkapnya. 

“Untuk dampak ke depannya kita akan meninjau kembali dan mengalihkan usaha di bidang lain, seperti bus pariwisata dan angkutan ke Bandara Kertajati,” tambah dia.

Seperti diketahui, bus sekolah resmi dioperasikan pada 7 Oktober 2014 di Kota Bandung. Bus berwarna kuning tersebut sebenarnya diproyeksikan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di Kota Bandung. 

Share :

DCVI Jual 2.695 Unit Bus dan Truk di 2019, Sasis Bus OH 1626 Terlaris

Sebagai agen tunggal penjualan resmi kendaraan komersial Mercedes-Benz di Indonesia, melaporkan bahwa di tahun 2019, penjualan truk dan truknya mengalami penyusutan.

Read More
BRT Medan Akan Beroperasi April, Banyak Pihak Belum Siap

Kota Medan berencana akan mengoperasikan BRT pada April 2020 nanti

Read More
KYM Trans Punya Armada Baru, Si Imut Hello Kitty

Bus baru milik KYM Trans tampil dengan body bergambar karakter lucu Hello Kitty

Read More