MobilKomersial.com – Siapa yang tidak tahu soal Jetbus? Nama tersebut sudah melekat di dunia perbus-an Indonesia. Jetbus merupakan sebutan untuk model bus buatan karoseri Adiputro. Jetbus pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 dan langsung digunakan oleh bus pariwisata PO Kerub.

Kala itu, Jetbus pertama menggunakan chassis Mercedes Benz OH 1526. Selanjutnya hadir generasi terbaru dari Jetbus yakni Jetbus 2 yang dibeli oleh PO Subur Jaya. Saat ini Jetbus sudah memasuki seri ke-3 yang rilis pada tahun 2018 lalu. Dari seri pertama hingga yang terbaru ini laris manis di pasaran.

Nah, tapi kenapa sih model Jetbus garapan Adi Putro ini laku keras di Indonesia? Ada beberapa faktor, yakni seperti berikut :

1. Nama besar karoseri

Nama besar Adiputro, membuat PO di Indonesia tak segan menggunakan jasanya. Sebenarnya, sebelum ada Jetbus Series, Adiputro juga memiliki model yang sudah laku seperti All Travego, All Setra dan Marcopolo.

2. Desainnya

Banyak yang bilang, Adiputro mengadopsi desain bus dari negara Eropa. Benar. Karena, perusahaan karoseri asal Malang ini memang menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan karoseri asal Jerman. Bahkan beberapa model terlihat mirip, seperti Jetbus edisi pertama yang terinspirasi dari model bus Mercedes-Benz Travego. Jetbus 2 dan 3 yang terinspirasi dari model Setra Top Class 500.

Nah, sudah begitu, tampilan bus Adiputro juga banyak dilirik oleh PO karena banyaknya permintaan dari para pengguna. Apalagi untuk bus pariwisata, permintaan akan bus bermodel Jetbus terbilang tinggi.

3. Harga lebih kompetitif  

Karoseri Adiputro memasang harga di bawah karoseri lain. Tentu saja harga setiap bus berbeda. Disesuaikan dengan kebutuhan pembeli.

Tapi kalau dilihat, populasi Jetbus memang sangat banyak. Sehingga sangat mudah menemukan tampilan bus dengan model Jetbus ini di jalanan. Banyak juga PO pariwisata yang menjadikan Jetbus sebagai Armadanya.

Share :

Bus Hidrogen Hyundai Bakal Jadi Armada Bandara Incheon Korsel

Incheon International Airport Corporation (IIAC) di Korea Selatan dalam lima tahun ke depan rencananya akan mengganti armada bus bandara dengan kendaraan bertenaga listrik.

Read More
New Normal Diterapkan, Tarif Tiket Bus Bakal Disesuaikan

Kemenhub berencana menaikkan tarif angkutan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pada situasi normal baru dengan menyesuaikan kebijakan PSBB.

Read More
Damri Layani Pemulangan Tenaga Kerja Indonesia

Damri sebagai Badan Usaha Milik Negara turut mendukung program Pemerintah, dengan membantu melayani kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri yang tiba di tanah air untuk melakukan karantina

Read More