Jakarta, MobilKomersial.com - Menjaga jarak aman antar kendaraan saat berkendara merupakan hal yang wajib dilakukan. Karena seperti baru-baru ini, sebuah kecelakaan yang melibatkan satu mobil keluarga Suzuki Ertiga dengan dua bus PO Berkah Jaya serta satu pikap jadi korban, lantaran truk yang mengalami rem blong. 

Musibah kecelakaan seperti di atas terjadi karena truk mengalami gagal rem yang membuat hilang kendali mundur menabrak kendaraan yang ada di belakangnya.

Menanggapi hal itu Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan bahwa mobil besar seperti truk atau bus memiliki kecenderungan yang besar untuk selip atau gagal rem seperti itu cukup sering terjadi di Tanah Air. 

"Penting untuk menjaga jarak kendaraan. Hindari berdekatan dengan kendaraan tersebut dan selalu waspada saat berada di dekatnya," ucapnya saat dihubungi MobilKomersial.com, Selasa (9/7/2019).

Baca juga : 5 Trik Atasi Mual Saat Naik Bus

Yang sering terjadi, kata dia, ketika mobil mengambil jarak aman terhadap kendaraan berat, mobil lainnya malah mengambil jarak kecil tersebut. Sehingga ketika kendaraan berat tersebut mengalami masalah tiba-tiba pada kekuatan remnya, mobil pribadi tadi tidak bisa menghindar.

"Waspadai ketika jalanan menanjak, jaga jarak 3 kalil panjang kendaraan besar tersebut. Lalu beri lampu sein untuk kendaraan di belakangnya, juga untuk jaga jarak," imbuhnya.

Share :

Mengemudi dengan Teknik Eco Driving Bikin Irit BBM, Begini Caranya

Eco Driving dinilai mampu menghemat waktu dan biaya, aman, serta ramah lingkungan.

Read More
Dua Cara Sederhana Pertahankan Harga Jual Kembali Mobil Tetap Tinggi

Secara umum, ada dua cara sederhana untuk mempertahankan harga jual kembali mobil kita agar lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasarannya.

Read More
Pemilik Kendaraan Perlu Tau, Begini Cara Cek Suspensi Kendaraan

Bagian pada kaki-kaki yang harus dicek kondisinya.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler