Jakarta, MobilKomersial.com - Di Indonesia, salah satu pemain kendaraan niaga asal Korea Hyundai Truck and Bus telah beredar mulai tahun 2006 hingga 2012 di bawah payung Korindo group sebagai Agen Pemegang Merk (APM). 

Hyundai bisa dibilang merupakan merk chassis bus Korea pertama yang masuk ke Indonesia. Mereka bukan hanya sekedar impor chassis seperti bus asal China, tapi cukup berani dengan mendirikan perakitan produknya di Indonesia menggunakan fasilitas milik Korindo Group yang berlokasi di Balaraja Tangerang. Fasilitas ini tidak hanya merakit chassis saja namun juga sekaligus karoseri bodynya.

Salah satu produk dari Hyundai yang cukup banyak beredar di Indonesia adalah Hyundai Aerospace LD bermesin diesel. Big bus ini dibuat sama persis dengan yang beredar di di Korea dan negara Asean.

Sehingga sangat mudah dikenali karena model Karoseri Korindo tidak ada yang menyamai di Indonesia. Meskipun ada juga beberapa chassis yang kemudian di buat body-nya oleh berbagai karoseri lokal.

foto: awansan.com

Untuk bertarung di kelas big bus,Hyundai menyadari dibutuhkan spesifikasi yang mumpuni untuk melawan dominasi Hino dan Mercedes-Benz yang sudah puluhan tahun bermain di segmen ini. Diketahui saat itu saingan utamanya adalah Hino RK8, Mercedes-Benz OH 1525, dan Mercedes Benz OH 1521 E2.

Akhirnya mereka menghadirkan Hyundai Aerospace LD. Dengan dibekali mesin diesel yang cukup bertenaga berkode D6AB yang merupakan turunan dari Mesin Mitsubishi 6D24. Memiliki konfigurasi 6 silinder inline, dan disokong Turbocharger + Intercooler.

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 290 ps @ 2000 rpm dan torsi maksimal 1100 nm @ 1200 rpm, tenaga dan torsi Hyundai Aeroclass jauh lebih besar jika dibanding para pesaingnya. 

Share :

PO Murni Jaya Buka Trayek Yogyakarta Tujuan Jabodetabek, Segini Tarifnya

Adapun trayek terbaru PO Murni Jaya ini berangkat pada pukul 07.30 WIB dan malam pukul 18.30 WIB dengan tarif sebesar Rp 150 ribu plus servis makan.

Read More
Transjakarta Operasikan 21 Unit Bus Gandeng

Penambahan tersebut diharapkan dapat menambah kapasitas daya angkut pelanggan Transjakarta pada setiap ruas rute baik itu koridor dan non koridor.

Read More
Viral, Bus Turunkan Penumpangnya Sembarangan

Seperti sebuah video yang menceritakan kejadian kurang baik menimpa para pendaki Indonesia yang hendak pergi menuju Wonosobo menggunakan bus.

Read More