MobilKomersial.com – Setelah melakukan mudik jangan lupa lakukan perawatan pada mobil Anda. Cek beberapa komponen. Dari mulai mesin hingga kaki-kaki. Untuk bagian mesin lebih baik dilakukan perawatan di bengkel, sekalian servis rutin. Nah untuk kaki-kaki bisa coba cek sendiri. Lakukan beberapa hal untuk mengetahui apakah shockbreaker masih berfungsi dengan baik.

Fungsi dari shock breaker ini sebagai peredam terhadap goncangan dan sebagai penstabil getaran ban sehingga bodi tidak bergoyang berlebihan akibat jalan bergelombang dan berlubang. Perangkat ini bekerja dengan meredam gerakan saat per bergerak naik turun.

Nah, apasih tandanya shockbreaker sudah tidak berfungsi dengan baik? Berikut beberapa gejala atau kondisi untuk memeriksa dan mengganti shockbreaker :

Suara berisik – Adanya suara berisik dari suspensi belakang juga bisa menjadi tanda shock breaker sudah tidak berfungsi baik lagi.

Oli shock breaker rembes – Pada shock breaker dengan fluida cair, lebih mudah dikenali kondisi kerusakan dengan adanya rembesan oli yang keluar, yang artinya sudah ada kebocoran.

Memantul saat di tekanSalah satu ciri yang paling mudah untuk tahu shock absorber sudah rusak adalah dengan menekan satu sisi bagian mobil Anda, misalnya bagasi lalu lepaskan kembali dengan cepat. Bila ada gerakan memantul yang lebih dari sekali, patut dicurigai shock breaker itu sudah lemah.

Saat sudah merasakan gejala tersebut lebih baik langsung dibawa ke bengkel agar ditangani oleh teknisi ahli.

Untuk menjaga shock breaker tetap sehat, sebaiknya hindari jalan berlubang sebisa mungkin, dan lakukan pengecekan kondisi kaki-kaki mobil saat melakukan servis rutin.

Share :

Mudah Banget Bikin Kabin Mobil Harum, Tinggal Cesss...

Banyak merek yang beredar, salah satu yang terbaru adalah merek Wealthy Air Freshener dengan aroma citrus atau green tea.

Read More
Mobil Kotor Dipakai Mudik, Begini Cara Mudah Bersihkan Jok Berbahan Sintetis

Usai dipakai mudik lebaran, mobil biasanya menjadi kotor, khusunya di dalam kabin mobil. Setelah perjalanan jauh, kabin mobil yang terlihat dan rentan terkena kotoran pada umumnya adalah jok mobil.

Read More
Empat Cairan ini Wajib Dicek Pasca Mudik

Setelah menempuh ribuan kilometer, beberapa cairan di mobil bisa berkurang

Read More