MobilKomersial.com – Mendekati arus mudik lebaran, Terminal Terpadu Pulo Gebang mulai menyambut para pemudik. Kasatpel Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang Emiral August mengungkapkan, di tahun 2019 kemungkinan akan ada kenaikan jumlah pemudik yang naik bus dari Terminal Pulo Gebang.

“Bisa jadi tahun 2019 ini mengalami kenaikan, karena disebabkan oleh tingginya harga tiket pesawat kebeberapa daerah tujuan. Sudah begitu, saat ini Tol Trans Jawa sudah bisa dilalui secara penuh,” ujar Emiral di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis (9/5/2019).

Emiral juga memprediksi, lonjakan penumpang akan terjadi di akhir Mei 2019 menjelang hari raya Idul Fitri. “Biasanya puncak arus mudik terjadi dari H-5 sampai H-3. Ini berdasarkan data di tahun sebelumnya. Waktu 2017 puncak arus mudik terjadi pada H-4, lalu tahun 2018 kemarin terjadi pada H-3. Jadi tahun ini berkisar di waktu-waktu tersebut," tambahnya.

Tahun 2018, total pemudik yang diberangkatkan sebanyak 11.832, sementara puncak arus balik terjadi pada H+8 dengan jumlah penumpang yang masuk sebanyak 7.633 orang.

Emiral juga menyampaikan perihal keamanan dan kenyamanan bagi pemudik. “Kami akan meningkatkan pengamanan di Terminal Pulo Gebang sejak H-7 sebelum lebaran. Ada sekitar 150 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Satpol PP. Tapi jumlahnya masih akan kami koordinasikan karena ada juga BKO-nya (Bantuan kendali operasi)," ungkapnya.

Selain itu, Terminal Pulo Gebang juga menyediakan tiga posko mudik yang terdiri dari pos kesehatan, keamanan dan ramp check (uji kelaikan bus).

Sebelum melakukan mudik, sopir wajib melakukan tes kesehatan terlebih dahulu di pos yang disediakan. Jika dinyatakan sehat, petugas kesehatan akan memberikan surat rekomendasi. Selain tes kesahatan, ada juga tes terhadap penggunaan obat-obatan terlarang oleh BNN.

“Kalau di tes kesehatan sopir dinyatakan tidak dalam keadaan sehat, maka tidak boleh berangkat. Hal ini untuk menjaga keselamatan para penumpang,” tegas Emiral.

Pengelola terminal juga menyediakan tempat baru untuk para agen Perusahaan Otobus berjualan tiket. “Lokasi penjualan tiket akan dipindah ke tempat yang baru. Lokasi tetap di lantai 2, namun tempatnya lebih tertata,” tutupnya.

Share :

Resmi Dibuka, GIIAS Medan 2019 Hadirkan 8 Brand Kendaraan

Pameran yang akan berlangsung selama 5 hari pada 23-27 Oktober 2019 ini, menampilkan delapan merek kendaraan ternama, yaitu DFSK, Honda, Lexus, Mitsubishi Motors, Renault, Toyota, Wuling, dan VW.

Read More
Sambangi Binus, NMAA Siap Bentuk Pelaku Modifikasi Masa Depan

Selain talkshow, peserta NMAA Goes to Campus juga disediakan lokasi test drive untukmerasakan mobil-mobil terbaru Datsun di sekeliling kampus.

Read More
MMKSI Sumbang 1  Unit Pajero Sport kepada Balai Latihan Kerja di Samarinda

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyerahkan satu unit Pajero Sport kepada Balai Latihan Kerja (BLK) di Samarinda, Senin (21/10/2019).

Read More