Jakarta, MobilKomersial.com - PO Barumun di Kota Medan dikenal memiliki sebuah bus besar yang dimodifikasi. Bus miliknya diubah dari chassis asli berkonfigurasi 4x2 (enam roda) menjadi 6x2 (delapan roda) dengan menambahkan satu axle di bagian belakang dengan dua ban. Dengan demikian chassis bus ini menjadi triple axle dari semula double axle. 

Sekilas setelah dipasangi bodi karoseri oleh Karoseri Cipta Karya, Medan, tampilan bus ini layaknya bus triple asli buatan pabrikan Mercedes-Benz, OC 500 RF 2542 atau bus Scania K410. 

baca juga: Yuk Kenalan Dengan Hino Microbus 110 SDBL

Menurut Suhardi Hasibuan, staf PO Barumun, Medan, modifikasi ini digarap oleh tenaga mekanik PO Barumun sendiri. Chassis aslinya adalah Mercedes-Benz OH 1521 Intercooler. 

Tim mekanik yang mengerjakan modifikasi bus ini adalah Bahrensah Ananda Hasibuan,  Mora Parulian Nasution dan dibantu dua asisten mekanik dengan lama pengerjaan dua bulan termasuk fase pengetesan kelayakan jalan.

Layaknya modifikasi kendaraan penumpang, sejumlah komponen penting seperti kaki-kaki di bus ini mengalami perombakan. Untuk sektor gardan belakang misalnya.

baca juga: Merasakan Kenyamanan Hotel Bintang Lima di Kabin Bus Lokal

Gardan asli dari chassis OH 1521 Intercooler diganti dengan gardan bus Mercedes-Benz generasi di bawahnya, yakni gardan copotan dari Mercedes-Benz Prima OH 1113. Sementara, blok setirnya diambil dari Mercedes-Benz 917.

Model atau desain bodi  bus ini adalah New Euro Star dengan kaca depan ganda untuk mengikuti tren bus besar yang hadir di pasar saat ini. 

baca juga: Mengintip Microbus Jumbo Jetbus 2+ MC Mitra Rahayu Bandung

Menariknya, kaca samping bus ini dibuat model kaca geser layaknya bus ekonomi. Tapi untuk menjaga kenyamanan penumpang selama perjalanan, kursi bus dirancang dengan kofigurasi 2-2. Bus unik bercat merah ini dioperasikan untuk melayani rute regular kelas ekonomi.

Share :

Muat Banyak, Isuzu Traga Bus Cocok untuk Bisnis Travel

Isuzu Traga Bus dikerjakan oleh salah satu karoseri di Indonesia, yakni Karoseri Adi Putro. Unitnya pernah ditampilkan dalam pameran GIIAS 2019 sebagai prototype.

Read More
Wow, Bus Double Decker PO Rosalia Indah Siap Mengaspal

Unitnya kini sudah selesai dikerjakan dan siap dikirim dari Ungaran ke Jakarta dan selanjutnya dioperasikan sebagai armada terbaru di layanan bus malam AKAP.

Read More
Rem Retarder Bisa Jadi Andalan Bus dan Truk Di Jalan menurun

Rem utama pada bus dan truk dibekali dengan fitur rem tambahan seperti exhaust brake, engine brake dan retarder

Read More