MobilKomersial.com – Jelang mudik lebaran 2019, harga tiket transportasi mengalami kenaikan yang signifikan. Sulit mencari dan tingginya harga tiket menjadi kendala bagi pemudik. Bahkan untuk tiket kereta api sudah ludes dari dua bulan sebelum Ramadhan. Dan untuk pesawat harga tiketnya melambung tinggi. Dengan tingginya harga tiket pesawat membuat moda transportasi darat seperti bus menjadi primadona.

Seperti yang dilansir CNBC Indonesia, Kemenhub menyatakan bahwa pemudik yang menggunakan moda transportasi udara akan menurun. Sementara, pemudik dengan transportasi bus dan kereta di prediksi akan mengalami peningkatan.

Kenaikan bisa mencapai 30 persen untuk kereta api dan 300 persen untuk bus antar kota dibandingkan dengan periode normal.

“Para operator bus menuai berkah dari mahalnya harga tiket pesawat.” ujar Menhub Budi di Jakarta, Jumat (17/5/2019)

Dikutip dari Tribunnews, Budi mengatakan, masyarakat lebih memilih naik bus lantaran telah terhubungnya Jakarta-Surabaya melalui Tol Transjawa. Selain itu di lur Pulau Jawa pun saat ini sudah ada Tol Trans Sumatera.

“Kita tahu permintaan akan bus ini naik hampir tiga kali lipat. Karena mereka tidak memilih angkutan pribadi. Angkutan pribadi selain buat kemacetan juga risiko lalu lintas banyak,” kata Budi.

Meski penumpang bus meningkat, Budi tetap meminta para operator bus meningkatkan pelayanannya. Salah satunya dengan menyediakan armada bus yang laik.

Dengan begitu, masyarakat akan semakin nyaman berpergian menggunakan bus.

Berdasarkan riset Kementerian Perhubungan (Kemenhub), puncak arus mudik Lebaran diperkirakan akan jatuh pada 31 Mei 2019.

Share :

Wealthy Akan Gelar Coaching Clinic Maret Mendatang

PT Welty Indah Perkasa selaku produsen produk aftermarket dari Wealthy dan Multitech (Wealthy Group) mengajak usernya yang berada di Jabodetabek untuk mengikuti coaching clinic.

Read More
Begini Cara GIICOMVEC 2020 Cegah Kecelakaan Bus dan Truk

Topik keselamatan juga menjadi fokus yang diserukan mereka lewat penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Commercial Expo (GIICOMVEC) 2020.

Read More
Mercedes-Benz Resmikan Diler Baru di Makassar

Sebagai bagian penting dari ekspansi bisnis di daerah Makassar dan sekitarnya, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia mengumumkan PT Kumala Bintang Cemerlang sebagai diler resmi baru mobil penumpang.

Read More