MobilKomersial.com – Jelang mudik lebaran 2019, harga tiket transportasi mengalami kenaikan yang signifikan. Sulit mencari dan tingginya harga tiket menjadi kendala bagi pemudik. Bahkan untuk tiket kereta api sudah ludes dari dua bulan sebelum Ramadhan. Dan untuk pesawat harga tiketnya melambung tinggi. Dengan tingginya harga tiket pesawat membuat moda transportasi darat seperti bus menjadi primadona.

Seperti yang dilansir CNBC Indonesia, Kemenhub menyatakan bahwa pemudik yang menggunakan moda transportasi udara akan menurun. Sementara, pemudik dengan transportasi bus dan kereta di prediksi akan mengalami peningkatan.

Kenaikan bisa mencapai 30 persen untuk kereta api dan 300 persen untuk bus antar kota dibandingkan dengan periode normal.

“Para operator bus menuai berkah dari mahalnya harga tiket pesawat.” ujar Menhub Budi di Jakarta, Jumat (17/5/2019)

Dikutip dari Tribunnews, Budi mengatakan, masyarakat lebih memilih naik bus lantaran telah terhubungnya Jakarta-Surabaya melalui Tol Transjawa. Selain itu di lur Pulau Jawa pun saat ini sudah ada Tol Trans Sumatera.

“Kita tahu permintaan akan bus ini naik hampir tiga kali lipat. Karena mereka tidak memilih angkutan pribadi. Angkutan pribadi selain buat kemacetan juga risiko lalu lintas banyak,” kata Budi.

Meski penumpang bus meningkat, Budi tetap meminta para operator bus meningkatkan pelayanannya. Salah satunya dengan menyediakan armada bus yang laik.

Dengan begitu, masyarakat akan semakin nyaman berpergian menggunakan bus.

Berdasarkan riset Kementerian Perhubungan (Kemenhub), puncak arus mudik Lebaran diperkirakan akan jatuh pada 31 Mei 2019.

Share :

Ikutan Camry Invitational Golf Tournament, Bisa Bawa Pulang Camry Hybrid

PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan menggelar Camry Invitational Golf Tournament (CIGT) 2019. Ajang ini merupakan kejuaraan golf tahunan berkelas yang terbuka untuk diikuti para atlet golf amatir

Read More
Tahun Depan, Kemenhub Akan Rombak 38 Terminal Tipe A

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merevitalisasi 38 Terminal Bus Tipe A di seluruh Indonesia. Rencana pembangunan tersebut ditargetkan akan rampung pada tahun 2020 mendatang.

Read More
Begini Konsep 3 Jawara MBTech Awards di IAM MBTech Bali 2019

Kontes modifikasi Indonesia Automodified (IAM) MBtech Bali memunculkan tiga juara di kelas khusus modifikasi interior mobil setelah melalui penilaian ketat.

Read More