Jakarta, MobilKomersial.com - Memasuki arus mudik Lebaran 2019, Pemerintah akan mulai menerapkan pembatasan operasional kendaraan angkutan berat. Pembatasan angkutan berat akan diberlakukan di sejumlah jalan tol dan jalan non tol pada arus mudik.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi mengatakan, aturan pembatasan angkutan berat (termasuk kontainer dan truk) akan diberlakukan mulai 31 Mei sampai 2 Juni 2019, serta saat arus balik tanggal 8 - 10 Juni 2019. 

Ia menjelaskan, dalam rancangan Peraturan Menteri mengenai pelarangan angkutan berat, termasuk kontainer dan truk barang sumbu 3 ke atas di Jawa Barat rencananya diberlakukan di 3 ruas jalan tol.

"Tiga ruas itu yakni Jakarta-Bogor-Ciawi-Sukabumi, Jakarta-Cikampek-Palimanan-Kanci-Pejagan-Pemalang-Semarang, serta jalan tol Purwakarta-Bandugn-Cileunyi. Sementara untuk jalan non tol yakni jalur Bandung-Nagreg-Tasikmalaya,” kata Budi Setyadi, Selasa (7/5).

Baca juga : Hindari Kepadatan di Pelabuhan Merak, Truk Akan Dialihkan ke Tanjung Priok

Simak juga : Pembatasan Truk Saat Lebaran 2019, Pengusaha Logistik : Tidak Masalah

Namun, tambah Budi Setyadi, ada beberapa jenis truk yang masih boleh melintas saat arus mudik Lebaran 2019. "Yakni barang ekspor impor menuju pelabuhan, angkutan BBM dan BBG, ternak, air minum kemasan, bahan pangan pokok, angkutan uang dan pos, serta truk pengangkut motor mudik gratis," jelasnya.

Para pemudik juga tidak akan terganggu oleh pengerjaan proyek di ruas jalan tol Cikampek di Bekasi yakni jalan layang, LRT, kereta cepat. Pasalnya, kata Budi, itu dipastikan akan dihentikan mulai H-7 sampai H+7.

"Pelarangan juga termasuk untuk mobilitas pengangkutan material untuk kepentingan proyek tersebut. Untuk pekerjaan kecil masih bisa berlangsung. Nantinya lajur tol akan menjadi 4 jalur lagi” tutur Budi Setyadi.

Share :

Hino Akan Tampilkan 7 unit Kendaraan di GIIAS 2019, Profia Hybrid?

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) berencana hadirkan 7 unit kendaraan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019

Read More
Nostalgia dengan Truk Chevrolet Tahun 1927, Rodanya unik..

Truk Chevrolet Klasik milik Hauwke Auto Gallery

Read More
Hamster Bisa Kendarai Truk, Gak Percaya?

Volvo Dynamic Steering Bikin Hamster Bisa Kendarai Truk, Bagaimana Caranya?

Read More