Jakarta, MobilKomersial.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melakukan pra uji coba tiga bus listrik. Sebanyak 3 unit bus listrik diuji di jalanan Ibukota. 

Pengujian itu dilakukan untuk menggantikan bus Transjakarta yang saat ini sudah beroperasi. Namun, saat ini bus tersebut belum bisa digunakan untuk angkut penumpang. 

"Saat ini masih proses administrasi. Mudah-mudahan bulan Juni, selambat-lambatnya Juli itu selesai kemudian bisa beroperasi," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat menguji coba di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).

Baca juga : Asyik, Bus Listrik Akan Jadi Alat Transportasi di Jakarta

Anies menyebut, saat beroperasional nanti, bus-bus listrik tersebut akan ditambah hingga 10 unit bus untuk digunakan. Selanjutnya, secara perlahan akan mengganti bus Transajakarta yang saat ini beroperasi.

"Itu akan sangat tergantung pada proyeksi perencanaan yang dilakukan Transjakarta. Biar nanti Transjakarta melalukan proyeksinya karena ini bukan saja soal usaha karena Transjakarta juga upaya transisinya atas kendaraan-kendaraan yang sekarang ini ada prosesnya seperti apa," terangnya.

Baca juga : Bus Listrik TransJakarta Akan Diuji Coba Bulan Depan

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono menjelaskan, ketiga bus yang dilakukan pra uji coba itu berlabel bus BYD dua unit dan satu unit lagi berasal dari perusahaan MAB (Mobil Anak Bangsa).

"Transjakarta selain juga menginginkan kualitas yang baik tapi juga mendukung pengembangan industri dalam negeri yang memenuhi standar-standar yang tentunya kita tetapkan," pungkasnya.

Share :

Karoseri Tentrem Rilis Varian Baru Avante H7X yang Tampil Tanpa 'Bando'

Saat sejumlah operator bus terfokus menyelamatkan perekonomian bisnis transportasinya yang merosot, salah satu karoseri tertua itu diam-diam merilis bodi bus varian baru dari produknya, yakni Avante H7X.

Read More
Damri Lakukan Pembatasan Perjalanan Orang, untuk Percepatan Penanganan Covid-19

Damri selaku Badan Usaha Milik Negara bidang transportasi yang berada dibawah Kementerian Perhubungan, juga ikut mendukung program Pemerintah untuk melakukan Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

Read More
Transjakarta Raih 3 Penghargaan di Ajang Nasional TOP Digital Innovation

Transjakarta sukses meraih 3 penghargaan di ajang nasional TOP Digital Innovation Award 2020. Transjakarta berhasil menang dalam 3 kategori, dengan mengalahkan 30 perusahaan BUMN lainnya.

Read More