Jakarta, MobilKomersial.com - Penyejuk udara atau biasa disebut AC (Air Conditioning)  mobil merupakan salah satu alat penambah kenyamanan ketika berada di dalam kabin, terutama bila pemiliknya lebih banyak menggunakan mobil dalam keseharian. Agar AC mobil tetap dingin dan berfungsi normal, komponen AC mobil ini ternyata wajib mendapatkan perawatan rutin (berkala) seperti mesin mobil misalnya.

Technical service Departement PT Denso Sales Indonesia, Joko Pratikno mengatakan, banyak yang belum mengetahui jika AC mobil perlu perawatan secara berkala.

Pria yang akrab disapa Joko ini menambahkan, perawatan berkala AC mobil khas DENSO meliputi fresh service, light service, dan heavy service. 

baca juga: Pakai Radiator Coolont Jangan Asal, Ketahui Dulu Isi Kandungannya

Pada perawatan fresh service, ungkap Joko, dilakukan dengan mengganti filter AC kabin dan pembersihan pada blower. Proses ini dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali atau setiap 10.000 kilometer.

Selanjutnya, perawatan berikutnya adalah light service yang meliputi perawatan fresh service ditambah penggantian dryer, oli kompresor dan refrigerant. Pekerjaan ini akan diulang lagi pada 20.000 kilometer berikutnya atau tiap setahun sekali. 

Share :

Mobil Kotor Dipakai Mudik, Begini Cara Mudah Bersihkan Jok Berbahan Sintetis

Usai dipakai mudik lebaran, mobil biasanya menjadi kotor, khusunya di dalam kabin mobil. Setelah perjalanan jauh, kabin mobil yang terlihat dan rentan terkena kotoran pada umumnya adalah jok mobil.

Read More
Kapan Sih Waktunya Ganti Shock Breaker?

Fungsi dari shock breaker ini sebagai peredam terhadap goncangan dan sebagai penstabil getaran ban

Read More
Empat Cairan ini Wajib Dicek Pasca Mudik

Setelah menempuh ribuan kilometer, beberapa cairan di mobil bisa berkurang

Read More
honda

Terkini

honda

Terpopuler

honda