MobilKomersial.com – Bus dengan konfigurasi Quad (4) axle sampai saat ini belum masuk ke Indonesia. Padahal, di tahun 2016 sempat beredar kabar kalau salah satu perusahaan bus Indonesia ingin membawa quad axle.

Sebenarnya, bus dengan konfigurasi 4 axle sebetulnya bukan barang baru,  tapi memang keberadaannya hanya terpusat di daerah Amerika Selatan. Bus dengan konfigurasi 4 axle mempunyai banyak keuntungan. Salah satunya adalah bus bisa dibuat lebih besar karena dengan axle yang lebih banyak tentunya bisa menanggung beban lebih berat. Pastinya bus bisa menampung lebih banyak penumpang.

Selain itu, bus juga memiliki kenyaman lebih karena ditopang oleh banyak suspensi. Sebagian besar bus 4 axle sudah menggunakan independent front suspension.

Hampir seluruh pabrikan Eropa memiliki sasis bus quad axle. Salah satunya adalah Mercedes-Benz dengan seri O500 RSDD 2741 8×2.

Kalau dilihat dari serinya, angka 27 melambangkan beban berat kotor maksimum alias gross vehicle weight (GVW) 27 ton yang sanggup ditopang oleh bus ini. Dan angka 41 berarti tenaga maksimun yang dapat dihasilkan yakni 410 hp.

Share :

Muat Banyak, Isuzu Traga Bus Cocok untuk Bisnis Travel

Isuzu Traga Bus dikerjakan oleh salah satu karoseri di Indonesia, yakni Karoseri Adi Putro. Unitnya pernah ditampilkan dalam pameran GIIAS 2019 sebagai prototype.

Read More
Wow, Bus Double Decker PO Rosalia Indah Siap Mengaspal

Unitnya kini sudah selesai dikerjakan dan siap dikirim dari Ungaran ke Jakarta dan selanjutnya dioperasikan sebagai armada terbaru di layanan bus malam AKAP.

Read More
Rem Retarder Bisa Jadi Andalan Bus dan Truk Di Jalan menurun

Rem utama pada bus dan truk dibekali dengan fitur rem tambahan seperti exhaust brake, engine brake dan retarder

Read More