MobilKomersial.com – Bus dengan konfigurasi Quad (4) axle sampai saat ini belum masuk ke Indonesia. Padahal, di tahun 2016 sempat beredar kabar kalau salah satu perusahaan bus Indonesia ingin membawa quad axle.

Sebenarnya, bus dengan konfigurasi 4 axle sebetulnya bukan barang baru,  tapi memang keberadaannya hanya terpusat di daerah Amerika Selatan. Bus dengan konfigurasi 4 axle mempunyai banyak keuntungan. Salah satunya adalah bus bisa dibuat lebih besar karena dengan axle yang lebih banyak tentunya bisa menanggung beban lebih berat. Pastinya bus bisa menampung lebih banyak penumpang.

Selain itu, bus juga memiliki kenyaman lebih karena ditopang oleh banyak suspensi. Sebagian besar bus 4 axle sudah menggunakan independent front suspension.

Hampir seluruh pabrikan Eropa memiliki sasis bus quad axle. Salah satunya adalah Mercedes-Benz dengan seri O500 RSDD 2741 8×2.

Kalau dilihat dari serinya, angka 27 melambangkan beban berat kotor maksimum alias gross vehicle weight (GVW) 27 ton yang sanggup ditopang oleh bus ini. Dan angka 41 berarti tenaga maksimun yang dapat dihasilkan yakni 410 hp.

Share :

Karoseri Tentrem Rilis Varian Baru Avante H7X yang Tampil Tanpa 'Bando'

Saat sejumlah operator bus terfokus menyelamatkan perekonomian bisnis transportasinya yang merosot, salah satu karoseri tertua itu diam-diam merilis bodi bus varian baru dari produknya, yakni Avante H7X.

Read More
Damri Lakukan Pembatasan Perjalanan Orang, untuk Percepatan Penanganan Covid-19

Damri selaku Badan Usaha Milik Negara bidang transportasi yang berada dibawah Kementerian Perhubungan, juga ikut mendukung program Pemerintah untuk melakukan Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

Read More
Transjakarta Raih 3 Penghargaan di Ajang Nasional TOP Digital Innovation

Transjakarta sukses meraih 3 penghargaan di ajang nasional TOP Digital Innovation Award 2020. Transjakarta berhasil menang dalam 3 kategori, dengan mengalahkan 30 perusahaan BUMN lainnya.

Read More