MobilKomersial.com – Bus dengan konfigurasi Quad (4) axle sampai saat ini belum masuk ke Indonesia. Padahal, di tahun 2016 sempat beredar kabar kalau salah satu perusahaan bus Indonesia ingin membawa quad axle.

Sebenarnya, bus dengan konfigurasi 4 axle sebetulnya bukan barang baru,  tapi memang keberadaannya hanya terpusat di daerah Amerika Selatan. Bus dengan konfigurasi 4 axle mempunyai banyak keuntungan. Salah satunya adalah bus bisa dibuat lebih besar karena dengan axle yang lebih banyak tentunya bisa menanggung beban lebih berat. Pastinya bus bisa menampung lebih banyak penumpang.

Selain itu, bus juga memiliki kenyaman lebih karena ditopang oleh banyak suspensi. Sebagian besar bus 4 axle sudah menggunakan independent front suspension.

Hampir seluruh pabrikan Eropa memiliki sasis bus quad axle. Salah satunya adalah Mercedes-Benz dengan seri O500 RSDD 2741 8×2.

Kalau dilihat dari serinya, angka 27 melambangkan beban berat kotor maksimum alias gross vehicle weight (GVW) 27 ton yang sanggup ditopang oleh bus ini. Dan angka 41 berarti tenaga maksimun yang dapat dihasilkan yakni 410 hp.

Share :

Empuknya Kursi Pesawat di Bus Raya

Hingga kini, PO Raya memang mengutamakan kenyamanan pelanggan. Buktinya, hingga saat ini armadanya masih menggunakan sasis dari Mercedes-Benz.

Read More
Jadi Sasis Favorit PO, Ini yang Bikin Sasis Hino RK8 Laku di Indonesia

Saat ini, Hino memiliki beragam jenis sasis bus, sebut saja sasis bus AK, FC, RN dan yang paling populer adalah RK8. Sasis Hino RK8 sangat populer dikalangan PO.

Read More
Inilah Dua Seri Bus Mewah Besutan Karoseri Laksana

Kedua model dipasarkan sebagai cara Laksana untuk merespon tren pasar, yakni hadirnya bus berdimensi besar dengan dek kabin tinggi dengan kaca depan ganda (double glass).

Read More

Terkini

honda

Terpopuler