Desain dan aspek engineering modifikasi truk ini dikerjakan oleh Aries Rail, sebuah perusahaan teknik berbasis di Kota Perth, Australia. Yang unik dari truk ini adalah Aries Rail membekali Fuso Canter ini dengan roda baja di bagian axle depan yang bisa diturunkan saat truk ini dioperasika di atas rel kereta, menggantikan peran ban saat melaju di jalan raya.

Di bagian axle belakang, Aries Rail memasang ban baja lebih banyak. Namun, ban karet truk tetap dalam posisi turun ke permukaan rel saat truk ini dioperasikan di rel kereta api, alias tidak diangkat sebagaimana halnya dengan ban karet di axle depan.

 

Tujuannya, untuk menghasilkan tenaga. Dengan demikian, truk menjadi bisa dioperasikan melaju di area sekitar rel maupun di atas rel kereta api, menyesuaikan dengan kebutuhan.

Truk Fuso ini juga dioperasikan untuk mengangkut wisatawan. Sebelum dioperasikan, petugas akan terlebih dulu mengecek lintasan kereta untuk menyingkirkan ranting pohon yang jatuh dan benda-benda lain yang menghalangi laju truk saat dioperasikan.

Truk dilengkapi pula dengan crane dan gergaji untuk membantu menyingkirkan halangan di permukaan rel. Menurut situs Truckworld.com.au, tidak hanya truk Fuso Canter 4x4 yang bisa dimodifikasi seperti ini. Varian dan tipe truk Canter lainnya seperti yang berkonfigurasi 4x2, Canter Eco Hybrid, Canter tipe tipper dan tipe Crew Cab juga bisa dimodifikasi untuk keperluan yang sama.

Share :

Spesifikasi Volvo FM 440 6X2T, Truknya Trans Jawa

Volvo FM 440 6X2T hadir dengan mengutamakan safety yang cocok untuk Long Haul atau Perjalanan Jarak Jauh.

Read More
Volvo FM 440 6X2T Siap Libas Tol Trans Jawa

Truk dengan konfigurasi 6X2 ini diperuntukan untuk operasional jarak jauh dan sudah cocok untuk peraturan pemerintah yang akan memasuki B30.

Read More
Pelanggan Hino Wajib Punya Aplikasi Ini!

Hino HEARTS permudah pelanggan dapatkan informasi seputar Hino

Read More

Terkini

honda

Terpopuler