MobilKomersial.com – Sumatra memiliki banyak perusahaan otobus yang melegenda. Salah satunya PO legendaris PMTOH yang merupakan singkatan dari Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan. PO tertua dan terbesar di Aceh ini didirikan oleh Hasan pada tahun 1957.

Pada masa jaya angkutan penumpang bus jarak jauh dari akhir dekade 1970-an hingga awal dekade 2000-an, beberapa perusahaan otobus di Sumatra berkembang menjadi besar. Di antara ratusan perusahaan otobus tersebut, PMTOH (Aceh) bersama PO ALS(Sumatra Utara), PO ANS dan PO NPM (Sumatra Barat), serta PO Gumarang Jaya (Lampung), mendominasi jalan raya lintas Sumatra baik lintas tengah maupun lintas timur.

Pada pertengahan tahun 2018 lalu, PO PMTOH mencoba melakukan peremajaan armada. Hal ini karena ketatnya persaingan bus malam di lintas Banda Aceh-Medan. Perusahaan ini mendatangkan armada baru bus Mercedes-Benz OH 1626 Air Suspension model Jetbus 2 New Setra High Deck dari Karoseri Adi Putro.

Bus ini melayani penumpang di kelas eksekutif 28 seats yang merupakan konfigurasi kursi real executive di trayek Banda Aceh-Medan. PMTOH siap bertarung dengan para pemain  bus malam lain di kelas ini. Sebelumnya sudah PO Putra Pelangi dan PO Sempati Star. Di trayek Banda Aceh-Medan, bus melewati rute kota-kota Takengon, Pondok Baru, Simpang Balik, Lampahan dan Bireun.

Share :

Bus AKAP Sinar Jaya Diganjar Penghargaan Wahana Adhigana 2019

Dua penghargaan Wahana Adhigana dari Kemenhub dibawa pulang Sinar Jaya

Read More
Mengenal Bus Evolander Buatan Karoseri New Armada

Karoseri New Armada merupakan salah satu perusahaan bodybuilder besar di Indonesia. Banyak model bus yang sudah dilahirkan. Yang cukup populer salah satunya adalah model Evolander.

Read More
Rupanya Begini Cara Baca Sasis Bus Scania

Tidak banyak yang memperhatikan apa arti kode yang terpampang di kaca bagian samping atau depan bus. Seperti Scania K410IB 6X2.

Read More