MobilKomersial.com -- NPM (Naikilah Perusahaan Minang) merupakan perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat yang berasal dari Sumatera Barat. Didirikan pada tahun 1937 oleh Bahauddin Sutan Barbangso Nan Kuniang, NPM menjadi salah satu perusahaan otobus (PO) tertua di Sumatera yang masih beroperasi hingga kini setelah melewati berbagai transformasi teknologi.

Kini perusahaan keluarga tersebut dikelola oleh generasi ketiga, yaitu Angga Vircansa Chairul. Pada masa-masa awal, PO NPM hanya melayani beberapa trayek dalam provinsi Sumatera Barat. Beberapa puluh tahun kemudian berkembang dengan membuka rute ke berbagai kota di pulau Sumatera.

Pada dekade 1980-an, PO NPM mulai menjalani trayek ke pulau Jawa. Dari Sumatera Barat, PO NPM memulai pemberangkatan ke berbagai jurusan di pulau Jawa dari beberapa kota, seperti Padang, Bukittinggi, Pariaman, Payakumbuh, dan lainnya.

Awal 2000-an, jaringan trayek PO NPM membentang mulai dari Medan, Pekanbaru, Dumai, Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Bandar Lampung di pulau Sumatera, hingga Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Bandung di pulau Jawa. PO NPM juga melayani trayek utama di Sumbar, yaitu Padang – Bukit Tinggi.

Saat dipegang generai ketiga, Angga Vircansa Chairul melakukan pengembangan usaha dengan membuka angkutan pariwisata yang bernama 'Vircansa Tour Bus' yang beroperasi di Sumatera Barat dan sekitarnya.

Pada saat terjadinya kenaikan tiket pesawat di awal tahun 2019. NPM melakukan penambahan unit kendaraan mereka sebanyak 10 bus, melengkapi 80 unit bus yang telah dimiliki oleh bus orang minang ini.

Share :

PO Borlindo Resmi Operasikan Bus Volvo B11R Double Decker Rute Makassar-Toraja

Perusahaan Otobus (PO) Borlindo resmi mengoperasikan satu unit Volvo Bus B11R Double Dekker, Rabu (19/6/2019). Armada terbaru ini mempunyai trayek Makassar - Toraja Pulang Pergi (PP).

Read More
Ternyata Ini Alasannya Bus Sumatra Pakai Tameng...

Bus Sumatra mayoritas memiliki tameng di kaca depan, untuk apa?

Read More
Izin Operasi Tuntas, Bus Listrik Siap Beroperasi di Jakarta

Hingga saat ini, bus listrik Transjakarta masih dalam tahap uji coba sebelum mendapatkan izin operasi.

Read More