MobilKomersial.com – Salah satu kunci keamanan berkendara adalah menjaga jarak aman. Dengan begitu, kita terhindar dari risiko tabrakan beruntun saat mobil di depan ngerem mendadak. Berapa sih jarak aman tersebut?  

Berkendara dengan jarak terlalu mepet dengan mobil di depan,  menjadi pemicu tabrakan beruntun. Seperti kecelakaan beruntun di KM 9.400 tol BSD arah Pondok Aren Jumat lalu (12/4). Melibatkan lebih dari tiga mobil yang mengakibatkan kerusakan berat pada mobil dan kemacetan parah.

Pengendara harus fokus dan cerdas memperhitungkan laju kecepatan kendaraan agar terhindar dari kecelakaan. 

Dalam memperhitungkan jarak aman, selain kecepatan laju, juga perlu perhitungkan apabila membutuhkan pengereman mendadak.  Mobil baru akan benar-benar berhenti paling cepat 3 detik. Untuk pengereman mendadak, dibutuhkan waktu 0,5 sampai 1 detik, dari mata lalu dilanjutkan ke otak untuk memerintahkan kaki menginjak pedal rem.

baca juga: Jangan Asal Pakai Minyak Rem, Kenali Kandungannya Terlebih Dahulu

Hal serupa juga disampaikan oleh Arief Hidayat selaku CEO Wealthy Group, ia menjelaskan reaksi yang dibutuhkan saat pengereman membutuhkan waktu 0,5 detik, kalau terlambat bisa bahaya. ”Saat mau ngerem, reaksi otak akan bekerja dalam waktu 0,5 detik untuk menginjak rem. Setelah itu saat pedal rem diinjak dan sistem pengereman bekerja menahan roda, membutuhkan 0,5 sampai 1 detik.“ 

Pada saat sistem bekerja hingga mobil benar-benar berhenti juga membutuhkan waktu sekitar 1 detik. Dengan rumus ini, jarak aman akan menyesuaikan kecepatan kendaraan.

Share :

Toyota Buka Jurus Rahasia Menjaga Truk Tetap Bugar dan Sehat

Inilah 7 jurus membuat truk tetap bugar dan sehat

Read More
Mobil 'Solar' Milik Toyota Ditanamkan VNT, Bagaimana Cara Kerjanya?

Dari semua varian 'solar'nya itu, Toyota menanamkan sistem Variable Nozzle Turbocharger (VNT). Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.

Read More
Jangan Asal Duduk, Ini Posisi Paling Aman Saat Naik Bus

Saat bepergian dengan transportasi umum seperti bus, ada baiknya ketahui dulu dimana posisi duduk yang aman.

Read More