Jakarta, MobilKomersial.com - Keselamatan dan kenyamanan mengemudi bisa dilihat dari beragam faktor, salah satu yang tak kalah penting yaitu cara dan posisi mengemudi itu sendiri. 

Mungkin selama ini Anda menganggap posisi duduk di dalam mobil terutama bagi pengemudi itu tidak penting, tanpa mengindahkan aturan yang aman dan asal nyaman saja. 

Namun, terdapat cara dan aturan yang aman dalam posisi duduk saat mengemudi. Bila cara dan posisi mengemudi sudah benar, maka Anda pasti akan merasa nyaman dan tentunya aman selama di perjalanan.

Rifat Sungkar, yang menjadi Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia memberikan tips mengenai posisi duduk dan mengemudi yang benar.

Posisi Ergonomis

“Saat mengemudi itu paling penting adalah soal posisi duduk harus benar-benar ergonomis. Pastikan punggung menempel dengan back rest atau sandaran jok. Selain itu, sesuaikan sandaran sehingga Anda bersandar pada sudut sekitar 100 derajat,” jelas Rifat.

Duduk bersandar pada sudut ini akan menurunkan tekanan pada punggung bagian bawah sehingga akan membuat aktivitas mengemudi menjadi nyaman. Perlu diingat, sebaiknya atur posisi duduk sebelum melakukan perjalanan agar Anda merasa nyaman.

Posisi Tangan

Posisi tangan berperan penting, karena selama perjalanan tangan adalah organ yang mengendalikan roda kemudi dan tuas persneling. Ada baiknya untuk berpegang teguh pada aturan posisi arah jam 9 dan arah jam 3.

“Caranya, bayangkan setir kemudi yang Anda kendalikan menyerupai jam dinding. Posisikan tangan kiri sesuai arah pukul 9 dan tangan kanan pada posisi arah pukul 3. 

Posisi lingkar kemudi diatur sesuai dengan postur badan, ini ditunjang oleh fitur Tilt and Telescopic Steering pada setiap model mobil Mitsubishi Motors yang memungkinkan pengemudi mengatur setir naik – turun, dan maju – mundur sesuai kenyaman pengemudi,” tambah Rifat.

Share :

Ada Insentif PPnBM 0%, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru

Program pemotongan PPnBM 0% untuk kendaraan bermotor yang berlaku mulai Maret hingga Mei 2021 membuat masyarakat mulai memperhitungkan untuk membeli atau mengganti mobilnya.

Read More
Tips Mencuci Ban Mobil Ala Peugeot

Jika laju kendaraan terasa tertahan dan disertai suara aneh pada roda berarti kurang memberi perhatian pada area roda.

Read More
Tips Membersihkan Kolong dan Spakbor Ala Peugeot

Di masa perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau, pemilik kendaraan diharapkan memperhatikan bagian kolong mobil dan spakbor.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler