Jakarta, MobilKomersial.com – Agar performa kendaraan kembali prima atau mendekati baru, maka hal yang wajib dilakukan adalah melakukan tune up. Karena tune up merupakan salah satu perawatan wajib yang harus terus dilakukan guna menjaga performa kendaraan tetap terjaga.

Secara umum, tujuan tune up adalah mengembalikan performa kendaraan seperti baru. Tune up juga dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mobil. Selain itu, tune up memiliki peran penting untuk memastikan atau cek ulang komponen di mobil, apakah akan terus dipakai atau diganti. 

Baca juga: Makin Banyak Diminati, Berikut Ini Spesifikasi Wuling Formo

Pada umumnya pemilik kendaraan membawa mobilnya ke bengkel resmi untuk tune up kendaraan mereka. Meski begitu, ada sebagian konsumen yang lebih senang melakukannya sendiri di rumah. Terlebih saat ini memasuki masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar.

Jika ingin tune up sendiri di rumah, peralatan minimal yang harus disiapkan adalah obeng, kunci pas, kunci ring, pengukur celah, amplas, timing light, tes kompresi dan kain lap. Lalu proses-proses apa saja yang dilakukan ketika sedang melakukan tune up dan apa yang harus dilakukan. Berikut tips dari Wuling Motors:

Baca juga: Wuling Hadirkan Program 'Lebih Ringan Beli Sekarang', Ada Paket Harga Spesial Bagi Konsumen

Bersihkan Saringan Udara

Langkah pertama dalam proses tune up sendiri adalah membersihkan filter udara. Ini merupakan proses yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan proses lain. Karena komponen ini paling mudah untuk dibongkar ketimbang komponen lainnya. 

Proses pembersihan saringan udara adalah dengan menggunakan udara bertekanan. Selain itu, yang harus diperhatikan dalam proses penyemprotan adalah di bagian paling bersih. Hal ini dilakukan agar kotoran tidak masuk ke dalam. Namun, idealnya pemilik kendaraan perlu mengganti saringan udara setiap 5.000 km. 

Busi dan Kabel Busi 

Langkah berikutnya adalah membersihkan busi. Apabila kondisi busi sudah tidak memungkinkan atau tidak dapat sekedar dibersihkan biasa, maka busi tersebut harus diganti dengan yang baru. Pembersihan busi sangat berpengaruh pada nyala api busi. Oh iya, apabila ingin ganti busi, harus pastikan kode busi yang dipakai sama ya. Soalnya ini sangat pengaruh sama nyala api yang dihasilkan loh.

next>

Share :

Ada Insentif PPnBM 0%, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru

Program pemotongan PPnBM 0% untuk kendaraan bermotor yang berlaku mulai Maret hingga Mei 2021 membuat masyarakat mulai memperhitungkan untuk membeli atau mengganti mobilnya.

Read More
Tips Mencuci Ban Mobil Ala Peugeot

Jika laju kendaraan terasa tertahan dan disertai suara aneh pada roda berarti kurang memberi perhatian pada area roda.

Read More
Biar Selamat, Begini Cara Duduk yang Benar Saat Mengemudi

Mungkin selama ini Anda menganggap posisi duduk di dalam mobil terutama bagi pengemudi itu tidak penting.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler