Jakarta, MobilKomersial.com - Saat memutar balik mobil, seringkali para pengendara membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain.

Terlebih lagi pengendara pemula, putar balik umumnya cukup sulit untuk dilakukan karena membutuhkan konsentrasi lebih tinggi untuk memperhatikan kendaraan di sekitar, serta melakukan teknik yang benar agar lebih aman.

Lantas bagaimana cara putar balik mobil agar lebih aman? Daihatsu Indonesia memberikan dua teknis yang bisa dilakukan, yaitu three point turn dan u turn, sesuai dengan kondisi yang ada saat Anda berkendara.

Teknik Three Point Turn, sesuai namanya, teknik maju mundur merupakan cara putar balik mobil dengan cara melakukan tiga titik penghentian.

Hal ini dikarenakan pengendara tidak bisa melakukan putar balik secara langsung dalam sekali coba, jadi cara putar balik mobil yang benar adalah dengan menggunakan teknik three point turn ini.

Baca juga : 5 Cara Aman Bawa Mobil Matic Saat Hadapi Banjir ala Daihatsu

Untuk melakukannya, Anda harus mengatur transmisi ke gigi pertama lalu memutar kemudi berkebalikan dengan posisi mobil, misal mobil di sebelah kiri maka putar kemudi ke kanan, lalu injak pedal gas sambil memutar kemudi ke kanan. 

Setelahnya, Anda harus kembali mengatur transmisi ke gigi mundur lalu menginjak pedal gas sambil membelokan kemudi ke kiri. 

Lalu atur kembali transmisi ke gigi pertama, injak pedal gas, dan belokkan kemudi ke kanan. Anda bisa menggunakan teknik hand to hand dalam memutar kemudi.

Share :

Ada Insentif PPnBM 0%, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Baru

Program pemotongan PPnBM 0% untuk kendaraan bermotor yang berlaku mulai Maret hingga Mei 2021 membuat masyarakat mulai memperhitungkan untuk membeli atau mengganti mobilnya.

Read More
Tips Mencuci Ban Mobil Ala Peugeot

Jika laju kendaraan terasa tertahan dan disertai suara aneh pada roda berarti kurang memberi perhatian pada area roda.

Read More
Biar Selamat, Begini Cara Duduk yang Benar Saat Mengemudi

Mungkin selama ini Anda menganggap posisi duduk di dalam mobil terutama bagi pengemudi itu tidak penting.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler