Jakarta, MobilKomersial.com - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier mengatakan Indonesia sudah membangun transformasi industri bus menjadi bus listrik.

Menurutnya, saat ini ada tiga pelaku industri yang siap memproduksi bus listrik dengan kapasitas 1.200 unit per tahun di Indonesia, salah satu di antaranya perusahaan yang didirikan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

"Saat ini ada tiga industri yang siap berproduksi dengan kapasitas 1.200 per tahun, di antaranya PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang diinisiasi Pak Moeldoko, PT Inka, dan PT Kendaraan Listrik Indonesia (KLI)," ucapnya dalam acara Busworld Southeast Asia, Selasa (2/2/2021).

Dia menjelaskan, ketiga pabrikan itu telah menggunakan teknologi penggerak ECE, hibrida, plug-in hybrid, dan fuel cell yang sesuai dengan peta jalan Kementerian Perindustrian.

Baca juga : Damri Lakukan Retrofit Bus Listrik untuk Dijadikan Transportasi Umum

Pemerintah juga serius membangun jaringan charging station untuk kendaraan listrik juga pabrik baterai yang akan dibangun pada tahun ini.

Taufiek menambahkan, jika dibandingkan dengan Cina, penjualan bus tahun lalu sebanyak 437.400 unit yang diantaranya 74.400 unit atau 17% adalah bus tenaga listrik.

"Beberapa studi menyatakan pertumbuhan bus dunia meningkat rata-rata 7 % per tahun, 2020 mampu menghasilkan US$ 45 miliar. Potensi ini terus tumbuh di tahun mendatang," ungkapnya. 

Adapun, saat ini PT MAB memiliki 30 unit bus listrik ready stock di fasilitas produksinya di Demak, Jawa Tengah. 

next -->>

Share :

Bus Sehat Damri Layani Penumpang yang Bawa Sepeda, Ini Rute dan Tarifnya

Bagi pelanggan membawa sepeda yang hendak menuju kantor menggunakan sepeda maupun berolahraga, Damri menyiapkan sejumlah Area di Bandung dan Jabodetabek.

Read More
Bayar Tiket Bus Damri Kini Bisa di Indomaret, Lihat Caranya

Damri terus berinovasi meningkatkan pelayanan terbaik kepada pelanggan salah satunya memberikan kemudahan untuk membayar tiket.

Read More
Karoseri Laksana Kembali Kapalkan 8 Unit Bus Tingkat ke Bangladesh

CV Laksana, salah satu karoseri ternama di Indonesia kembali mengekspor bus tingkat atau bus double decker-nya ke Bangladesh.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler