Jakarta, MobilKomersial.com - Awal tahun ini, Scania mengumumkan bahwa akan menggunakan kendaraan listrik tenaga baterai secara bertahap, karena potensi truk sel bahan bakar hidrogen terbatas.

Pabrikan otomotif asal Swedia ini diketahui telah memperkenalkan bus listrik murni serta truk hibrida listrik dan plug-in. 

Melansir laman Insideevs.com pada Minggu (24/1), tujuan jangka panjangnya adalah untuk melanjutkan elektrifikasi dan meningkatkan pangsa kendaraan berlistrik dari total penjualan di Eropa menjadi 10% pada tahun 2025, dan 50% pada tahun 2030.

"Setidaknya satu 'aplikasi produk listrik' baru di segmen bus dan truk akan diluncurkan setiap tahun," kata Alexander Vlaskamp, Kepala Penjualan dan Pemasaran di Scania, Kamis (21/1).

Ia menjelaskkan, berkat peningkatan teknologi (kepadatan energi baterai, waktu pengisian daya), kendaraan listrik akan secara bertahap mengambil alih solusi bertenaga fosil dan bahan bakar nabati terkemuka di industri Scania di sebagian besar aplikasi transportasi.

"Catatan lainnya, kendaraan listrik baterai memerlukan layanan yang lebih sedikit daripada yang konvensional, yang berarti waktu kerja lebih tinggi dan biaya operasional lebih baik per km atau jam operasi," terang dia.

Saat ini, truk listrik Scania yang dilengkapi dengan baterai 300 kWh, memiliki jangkauan hingga 250 km (155 mil).

Dalam beberapa tahun ke depan, pihak Scania akan mengerjakan model truk listrik murni jarak jauh yang bisa mengangkut beban hingga 40 ton dengan kemampuan mengemudi selama 4,5 jam.

Kemudian bisa mengisi ulang saat pengemudi beristirahat selama 45 menit. Dengan kata lain, Scania sedang mengerjakan truk ukuran penuh.

next -->>

Share :

Pakai Sasis Mercedes-Benz, Begini Mewahnya Motorhome Pertamina Mandalika SAG Team

Motorhome milik Pertamina Mandalika SAG Team yang dibangun dengan sasis truk Mercedes-Benz New Actros GigaSpace itu terungkap dari unggahan video di Instagram @kemaldesmonasution.

Read More
KIA Hadirkan Truk Konsep Kargo Taktis Ringan Baru, Punya Tampang Sangar

Kia belum lama ini memamerkan dua konsep Truk Kargo Taktis Ringan dan sasis tanpa bodi pada International Defense Exhibition & Conference (IDEX) (IDEX) 2021

Read More
Beri Efek Jera Pelaku ODOL, 2 Truk di Jambi Dinormalisasi

Kementerian Perhubungan mengklaim bila pihaknya kian gencar merealisasi program zero Over Dimension Over Loading (ODOL) hingga tahun 2023 mendatang.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler