Jakarta, MobilKomersial.com - Memasuki awal tahun, kondisi iklim di Indonesia biasanya selalu tidak menentu, kadang panas, bahkan bisa hujan dengan cepat. 

Hal ini, tentu menyulitkan para pemilik kendaraan saat mengemudi di jalan, karena harus melakukan langkah antisipasi supaya tidak kena masalah. 

Untuk mengatasinya, Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, memberikan sejumlah langkah perawatan mobil yang bisa diterapkan di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu.

1. Jangan Tunda Cuci Mobil

Segera bersihkan mobil setibanya di rumah jika di jalan terkena hujan sebagai upaya menjaga agar tidak timbul water spot atau jamur bodi dan jamur kaca. 

"Karena, kalau mobil dibiarkan kotor akan menyulitkan ketika akan dibersihkan di kemudian hari. Hujan bersifat asam sehingga memiliki potensi merusak bodi mobil bahkan memicu tumbuhnya karat," ucap Nur Imansyah, Minggu (24/1/2021).

Baca juga : Tips Berkendara Hadapi Aquaplaning saat Hujan

2. Cek Wiper

Pastikan wiper dalam kondisi prima tanpa kendala, termasuk wiper belakang untuk mobil jenis hatchback, SUV, dan MPV. 

"Periksa air pembersih kaca dan segera isi supaya tidak sampai kosong ketika dibutuhkan karena akan sangat menyulitkan kalau kaca kotor oleh air hujan," terang Nur Imansyah.

3. Periksa Kondisi Mesin

Periksa kekencangan kabel busi dan kabel aki untuk memastikannya tidak bermasalah. Periksa pula rumah saringan udara dari risiko bocor untuk menutup celah air masuk. 

Cek pula ketinggian oli mesin dan segera tambah bila kurang. Sekaligus, periksa cairan lain di dalam ruang mesin seperti air radiator dan minyak rem.

Share :

Begini Cara Tune Up Mobil Sendiri Ala Wuling

Meski begitu, ada sebagian konsumen yang lebih senang melakukannya sendiri di rumah. Terlebih saat ini memasuki masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar.

Read More
Kiat Putar Balik Kendaraan yang Benar dan Lebih Aman

Daihatsu Indonesia memberikan dua teknis yang bisa dilakukan, yaitu three point turn dan u turn.

Read More
Hankook Bagi Tips Menjaga Ban Agar Aman Berkendara Saat Banjir

Agar dapat mengingkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara, Hankook memberikan tips merawat ban kendaraan agar tahan terhadap genangan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler