Jakarta, MobilKomersial.com – Kehadiran bus tingkat di Indonesia memang selalu menarik perhatian masyarakat, khususnya para bismania, sebutan para penyuka bus. 

Bus yang punya dua lantai ini memang terlihat gagah, dengan tampilan lebih tinggi dari bus pada umumnya, yakni mencapai sekitar 4-5 meter dan dilengkapi fasilitas kabin mewah. 

Dengan penampilan yang jangkung dan interior mewah pada bus double decker, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan mencapai miliaran rupiah.

Selain bodi dan fasilitas dalam bus, untuk membuat bus tingkat ini, juga dibutuhkan sasis premium tronton atau triple axle yang memiliki tenaga besar dengan Gross Vehicle Weight (GVW) 25 ton. 

Baca juga : Volvo Luncurkan Bus Tingkat 9700 DD, Siap Beroperasi di Kawasan Eropa

Untuk mendapatkannya, harus ditebus dengan harga sekitar empat miliar rupiah dengan pilihan sasis dari sejumlah pabrikan seperti Mercedes Benz, Scania, Volvo, dan MAN. 

Sementara untuk pembuatan bodi dan interiornya, ada sejumlah karoseri lokal yang biasa membuat bus berukuran bongsor ini.

Sebagai contoh, untuk model Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) keluaran Karoseri Adiputro yang bisa dipasangkan dengan sasis Volvo B11R, Scania K410 IB atau Mercedes-Benz OH 2542, dan bisa ditebus seharga kurang lebih Rp 3-4 miliar.

"Dari sasisnya sendiri (Volvo & Scania) sudah hampir Rp 2 miliar. Kalau pakai Mercy (OH 2542) bisa lebih mahal lagi. Sedangkan bodi sendiri kurang lebih Rp 800-900 juta. Belum lagi jika ditambah kursi, AC, serta opsi lainnya," papar Marketing Bus Karoseri Adiputro, Mario saat dihubungi, Jumat (23/1/2021). 

Share :

Bayar Tiket Bus Damri Kini Bisa di Indomaret, Lihat Caranya

Damri terus berinovasi meningkatkan pelayanan terbaik kepada pelanggan salah satunya memberikan kemudahan untuk membayar tiket.

Read More
Karoseri Laksana Kembali Kapalkan 8 Unit Bus Tingkat ke Bangladesh

CV Laksana, salah satu karoseri ternama di Indonesia kembali mengekspor bus tingkat atau bus double decker-nya ke Bangladesh.

Read More
Hino Luncurkan Flexicab Microbus dengan Bodi Ambulans dan PCR Lab

Hino Indonesia beberapa waktu lalu menampilkan sejumlah line up kendaraannya untuk membantu pemerintah melawan pandemi Covid-19.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler