Jakarta, MobilKomersial.com – Selain berdampak sistemik pada perekonomian dan menurunkan penjualan di beberapa APM kendaraan komersial, penerapan lockdown di beberapa negara di dunia membuat supply chain mobil Eropa di Indonesia terhambat. 

General Manager Commercial & marketing PT Chakra Jawara, Rudhi Wibawa mengatakan, dampak terburuk dari Covid-19 adalah dari sisi supply chain karena 100% truk Eropa merupakan Completely Built Up (CBU).

”Kami terkendala mendapatkan kapal untuk pendistribusian unit dari prinsipal, maka puncak gangguan ini ada di bulan Maret-April. Hal ini tentu saja dialami oleh truk-truk Eropa lainnya,” kata Rudhi pada MobilKomersial.com, Rabu (13/1/2021).

Rudhi juga menuturkan, dampak Covid-19 juga membuat konsumer mereka terkendala aktivitasnya. Menurut dia, konsumennya harus menyesuaikan ulang jadwal mereka. 

”Jika mereka ingin mengunjungi kami, harus karantina. Begitu juga sebaliknya. Hal semacam ini yang kemudian menurunkan kapasitas produksi konsumen kami. Akibatnya permintaan suku cadang, servis dan juga permintaan unit ke kami ikut menurun,” kata Rudhi. 

Meski demikian Rudhi mengaku, bila pihaknya tetap optimis melihat pasar truk Eropa di tahun ini. Menurut dia, permintaan unit sudah meningkat di Desember. Selain itu, menurut dia, hal ini terjadi karena pelemahan harga batu bara yang terjadi di Oktober perlahan meningkat hingga ke akhir tahun. 

Baca juga: Perbaiki Penjualan di 2021, Iveco Berikan Program Khusus ke Pelanggan Lama maupun Baru

”Lonjakan permintaan di Desember juga terjadi karena pemilik tambang sudah mendapat pengesahan dari pemerintah di 2021 sehingga mereka mempersiapkan unit untuk dioperasikan di tahun ini,” jelas Rudhi.

Meski demikian, Rudhi belum berani memastikan berapa persen peningkatan penjualan unit di 2021. Menurut Rudhi, pihaknya hanya bisa berharap dari peningkatan perekonomian customer dan peningkatan harga batu bara dapat membuat peningkatan penjualan dari 20-30%. 

 

(Denny)

Share :

Beri Efek Jera Pelaku ODOL, 2 Truk di Jambi Dinormalisasi

Kementerian Perhubungan mengklaim bila pihaknya kian gencar merealisasi program zero Over Dimension Over Loading (ODOL) hingga tahun 2023 mendatang.

Read More
Angkut Vaksin Covid-19, BharatBenz BSafe Express Jadi Solusi Muatan Peka Suhu

BharatBenz BSafe Express merupakan truk yang dirancang secara khusus untuk mengangkut vaksin Covid-19.

Read More
Piaggio Luncurkan Porter NP6, Truk Perkotaan Berbahan Bakar CombiFuel

Piaggio Group resmi meluncurkan secara virtual Porter NP6 terbaru, kendaraan niaga ringan roda 4 yang memiliki dimensi kompak dan mesin ramah lingkungan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler