Perth, MobilKomersial.comToyota bersama BHP, perusahaan tambang asal Australia, menguji coba Land Cruiser 70 yang sudah dikonversi menjadi mobil listrik. 

Kendaraan yang diuji coba di tambang nikel milik BHP di wilayah Australia Barat tersebut, nantinya juga akan digunakan sebagai angkutan operasional di wilayah pertambangan.

Mengutip laman SBS News dan Car Advice, pada Jumat (8/1/2021), proses konversi itu dilakukan oleh Divisi Perencanaan dan Pengembangan Produk Toyota di Port Melbourne. 

"Land Cruiser ini masih menggunakan as roda seperti yang ada di versi konvensional bermesin diesel," tulis pernyataan Toyota Motor Australia.

Baca juga : Tampil di Tokyo Auto Salon 2021, Honda N-Van Disulap Jadi Kedai Kopi

Sementara, perangkat suspensi depan menggunakan coil spring dan belakang per daun. 

Sedangkan motor listriknya ditempatkan di ruang yang sebelumnya ditempati oleh mesin diesel turbo V8 berkapasitas 4.5 liter.

"Kemitraan ini merupakan langkah lain dalam studi kami yang sedang berlangsung tentang bagaimana kami dapat mengurangi intensitas emisi dari armada ringan operasional kami," kata Presiden BHP Minerals Australia, Edgar Basto.

Basto menegaskan, perusahaannya telah mematok target untuk memangkas penggunaan bahan bakar mesin diesel sebanyak mungkin dalam rencana jangka menengah.

"Pemakaian kendaraan listrik (Land Cruiser 70 Series listrik) ini akan membantu mencapai target jangka menengah kami, yakni mengurangi emisi gas dari operasional hingga 30% pada tahun 2030 nanti," ungkapnya.

Sayangnya, hingga kini spesifikasi dari Land Cruiser 70 series listrik itu belum diketahui, karena masih uji coba tahap awal, sehingga penyempurnaan demi penyempurnaan bakal dilakukan.

Share :

Kembangkan Sayap di Perusahaan Teknologi Truk, Goodyear Tanam Investasi ke TuSimple

Setelah sukses mengumpulkan dana dan berinvestasi bagi perusahaan robot otonom Starship Technologies Januari lalu, Goodyear kembali melebarkan sayap dengan berinvestasi di TuSimple.

Read More
Honda Aircraft Company Jual Hondajet 31 Unit Selama 2020

HondaJet menjadi pesawat dengan pengiriman terbanyak total 31 pesawat di kelasnya selama empat tahun berturut-turut.

Read More
Berlaku Hari Ini, Berikut Daftar 21 Tipe Mobil yang Dapat Insentif PPnBM 0%

Kebijakan itu ditandatangani oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan resmi diundangkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 26 Februari 2021.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler