Jakarta, MobilKomersial.com - Sering dengar istilah spooring? bagi pemilik mobil tentu kata ini sudah sering didengar. Namun tahukah itu artinya spooring?

Spooring dalam bahasa Indonesia berarti jalur atau lintasan. Secara teknis, spooring akan meluruskan kembali posisi roda mobil saat dirasa sudah tidak nyaman dikemudikan. 

Dengan kata lain ban memerlukan perhatian serupa dengan komponen lain. Terlebih ban merupakan satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal atau jalanan.

Mengingat pentingnya peran ban, melakukan perawatan secara rutin adalah sebuah kewajiban.

Menanggapi hal itu, Manager Operasional Carfix Indonesia, Gunawan menjelaskan bahwa salah satu perawatan yang perlu dilakukan agar ban tetap berfungsi dengan baik adalah dengan melakukan spooring dan balancing.

"Spooring agar ban habisnya rata, tidak makan bagian samping saja. Karena jika posisi ban tidak lurus, dan beda satu derajat umur ban berkurang tujuh persen, dan seterusnya," kata Gunawan di Bengkel Carfix Sawangan, Depok, Jumat (5/4/2019).

Lebih jauh ia menerangkan, dengan menyetel ban mobil (wheel alignment) risiok ban rusak akan berkurang. Selain itu juga untuk menyelaraskan antara roda bagian kanan dan kiri, juga sangat berguna untuk penggunaan harian.

"Ban mobil disetel tujuannya agar kena lubang tidak rusak, dan hanya setelannya yang berubah nanti bisa disetel lagi. Jika dilihat dari intervalnya, biasanya 10 ribu km," terang Gunawan.

Share :

Tips Asyik Berkunjung ke GIIAS 2019

Untuk pengalaman mengunjungi pameran otomotif GIIAS 2019 yang lebih asyik, simak beberapa tips di bawah ini.

Read More
Begini Cara Jaga Mobil Tetap Bersih Agar Nyaman Saat Dipakai

Untuk menjaga rumah kedua tersebut tetap nyaman dan bersih, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan ketika sedang melakukan bersih-bersih kabin mobil anda.

Read More
Jangan Sembarangan Saat Mengemudi Malam Hari, Perhatikan Dulu Hal Berikut!

Malam hari merupakan waktu yang paling berbahaya untuk mengemudi.

Read More