Jakarta, MobilKomersial.com - Bus gratis tanpa pengemudi atau otonom mulai beroperasi di Sakai, PRefektur Ibaraki, Jepang sejak Kamis, 26 November 2020.

Dilansir Asiaone.com, otoritas setempat menyebutkan bahwa hal ini adalah operasi reguler pertama bus tanpa pengemudi di Jepang.

Kota tersebut membeli bus buatan Prancis yang masing-masing berkapasitas 11 orang dan mengalihkan manajemen operasi ke anak perusahaan raksasa telekomunikasi SoftBank Corp.

Bus tersebut diprogram untuk melaju dengan kecepatan 18 kilometer per jam dalam perjalanan pulang pergi sejauh 5 kilometer melalui pusat kota. 

Baca juga : Karoseri Laksana Perkenalkan Teknologi Bio Smart and Safe Bus

Menariknya, bus yang saat ini akan melakukan empat kali perjalanan pulang pergi ini secara otomatis menghindari rintangan dengan mendeteksinya menggunakan sensor.

Seorang pengemudi dan petugas keamanan di dalam bus akan memeriksa lingkungan bus sebelum berangkat dari halte bus atau saat melewati kemacetan lalu lintas.

"Ini seperti kendaraan masa depan, dan saya berharap ini akan menjadi topik perbincangan yang populer di kota," Masahiro Hashimoto, walikota kota tersebut.

Share :

Mulai 5 Februari, Penumpang Bus Akan Dicek Alat Deteksi Covid-19 'GeNose'

Alat pendeteksi Covid-19 yang diinisiasi tim peneliti dari UGM ini sudah mendapatkan persetujuan edar dari Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19.

Read More
Damri Buka Trayek Wisata Pacitan, Segini Tarifnya

Guna mendongkrak Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Pacitan, Jawa Timur, Damri melakukan pengembangan transportasi darat.

Read More
Bicara Harga Bus-bus Double Decker di Indonesia

Dengan penampilan yang jangkung dan interior mewah pada bus double decker, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan mencapai miliaran rupiah.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler