Jakarta, MobilKomersial.com - Kementerian Perindustrian bersama PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI), kembali menggelar kegiatan untuk menekan penyebaran virus korona baru, dengan memanfaatkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes). Langkah ini merupakan bentuk respons dari berbagai permintaan mengenai upaya sterilisasi guna mencegah wabah Covid-19 di sejumlah wilayah.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier mengatakan, Kemenperin akan memberikan fasilitas kepada daerah-daerah yang membutuhkan peran AMMDes penyemprot disinfektan. 

“Ini adalah wujud nyata dari kolaborasi antara pemerintah dengan pelaku industri dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Taufiek di Jakarta, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga : AMMDes Sukses Beri Manfaat Sektor Pertanian Hingga Kesehatan

Menurut Dirjen ILMATE, aspek kesehatan merupakan faktor penting sebagai penopang produktivitas masyarakat. Oleh karena itu, aktivitas ekonomi harus jalan beriringan dengan upaya mematuhi aturan protokol kesehatan secara ketat.

“Kami memang berkomitmen menjaga aktivitas ekonomi bisa berjalan di tengah masa pandemi ini, termasuk kegiatan di sektor industri, karena fungsi esensialnya dalam memproduksi beragam produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tutur Taufiek.

Taufiek juga merasa optimistis, apabila masyarakat tetap produktif dan pelaku industri bisa menjalankan usahanya dengan baik selama masa pandemi, akan mengakselerasi upaya pemulihan ekonomi nasional sehingga tidak terjadi krisis. 

Baca Juga : Ikut Dukung Tekan Penyebaran Covid-19, Kemenperin Apresiasi Kontribusi Ammdes

“Hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan signifikan sektor industri yang memenuhi kebutuhan dasar masyarakat seperti industri makanan, dilanjutkan industri yang memproduksi alat-alat rumah tangga, dan kini industri lainnya seperti kendaraan bermotor juga mulai mengalami peningkatan penjualan,” sambungnya.

Kinerja industri yang mulai menggeliat secara bertahap ini menunjukkan sinyal positif karena akan menjadi pemicu pertumbuhan yang berkelanjutan. 

Baca Juga : Kendaraan Niaga Buatan Anak Bangsa KMW-AMMDes, Ekspor Perdana Ke Nigeria

“Kami yakin, AMMDes ini mampu berperan dalam upaya mencapai sasaran tersebut,” imbuhnya.

AMMDes water tank yang dialihfungsikan menjadi alat penyemprot cairan disinfektan itu dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter. 

Kali ini, pada tahap pertama, wilayah yang disterilisasi mencakup enam rukun warga (RW) dari target seluruhnya mencapai 13 RW di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Share :

Pembenahan Jembatan, Jasa Marga Imbau Pengendara Waspada Macet di Tol Jagorawi Hingga 23 Januari 2021

PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) kembali melakukan pemeliharaan jalan guna memperkuat konstruksi jembatan di arah Ciawi dan Jakarta.

Read More
Peduli Pelaku UMKM, Adira Finance Gelar Konser Amal dan Donasi Rp 1 Miliar

Konser Amal Kreatif Lokal 2021 akan menyajikan sharing session bersama para pemenang Kreatif Lokal Award 2020.

Read More
Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Mitsubishi Adakan Kontes After Sales

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) mengadakan After Sales National Contest, kompetisi personil bagian aftersales.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler