Jakarta, MobilKomersial.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terus mendorong percepatan penyelesaian konstruksi Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan atau yang dikenal dengan sebutan Jalan Tol Cisumdawu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61 Km di Provinsi Jawa Barat ditargetkan rampung pada akhir 2021.

“Jalan Tol yang terdiri dari enam seksi tersebut akan terhubung dengan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati dan diharapkan dapat meningkatkan konektivitas ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang sudah mulai beroperasi,” ujar Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

Jalan Tol Cisumdawu Seksi I Phase III, Seksi II Phase I, dan Seksi II Phase II sepanjang 27,62 Km yang dibangun oleh Pemerintah telah mencapai progres konstruksi yaitu sebesar 82,50% dengan terbagi menjadi Seksi I Phase III Cileunyi - Rancakalong (10,57 Km), Seksi II Phase I Rancakalong - Ciherang (6,35) Km), dan Seksi II Phase II Ciherang - Sumedang (10,70 Km).

Baca juga : Ikut Dukung Tekan Penyebaran Covid-19, Kemenperin Apresiasi Kontribusi Ammdes

Kemudian, Seksi III, IV, V, VI yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol sepanjang 33,22 Km saat ini progresnya telah mencapai 22,73% dengan terbagi menjadi Seksi III Sumedang - Cimalaka (4,05 Km) konstruksi sudah 100% rampung, Seksi IV Cimalaka - Legok (8,20 Km), Seksi V Legok - Ujung Jaya (14,90 Km), dan Seksi VI Ujung Jaya - Dawuan (6,07 Km) konstruksi sudah berjalan 4,85%.

Selain mengurai kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di sekitar wilayah tersebut,  Jalan Tol Cisumdawu juga akan terhubung dengan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati sehingga nantinya semakin mengurangi waktu tempuh dari Bandung sekitar 3 jam menjadi 1 jam.

Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 & 2 diharapkan dapat selesai konstruksi secara keseluruhan pada September 2021. Kemudian menyusul Seksi 3 - 6 juga dapat rampung konstruksinya secara bertahap sehingga dapat dinikmati masyarakat dalam mendukung akses kelancaran lalu lintas kendaraan di wilayah Jawa Barat.

 

(Denny)

Share :

Cititrans Kembali Buka Shuttle Bus Bandung - Bandara Soetta, Segini Tarifnya

Dengan kehadiran kembali rute Cititrans ini, tentunya turut meramaikan kampanye liburan #diindonesiaaja.

Read More
Gaikindo Jakarta Auto Week Resmi Diundur Menjadi Maret 2021

Gaikindo dan para anggotanya tetap berkomitmen penuh meyelenggarakan GJAW yang juga didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian RI.

Read More
Tim Red Bull Honda Raih Podium Ganda di Balap F1 Bahrain 2020

Balapan dimulai lewat Max yang start di posisi kedua dan Alex di posisi kelima dan keduanya melaju dengan ban medium di perbatasan pertama sebelum beralih ke ban keras.

Read More