Jakarta, MobilKomersial.com - Tahun 2020, Indonesia dihadapkan pada wabah pandemi Covid-19 yang menjadikan prospek industri otomotif berubah signifikan.

Industri otomotif dalam hal penjualan kendaraan di Tanah Air, secara drastis merosot,imbas dari adanya pandemi yang hingga kini masih melanda.

Salah satu yang merasakan imbas itu adalah PT Isuzu Atra Motor Indonesia (IAMI) yang mengalami penurunan hingga 31 persen pada periode Januari-September 2020.

Marketing Communication PT IAMI, Annisa Moeloek, menjelaskan bahwa, penjualan otomotif nasional saat ini memang sedang turun hingga 46 persen. 

Baca juga : Isuzu Dukung Penerapan Truk Zero ODOL di Jawa Timur

Sementara, penjualan sama dengan market otomotif secara umum Isuzu juga mengalami penurunan, untuk data YTD September 2020.

"Penurunan kami di 31 persen, masih di bawah penurunan market otomotif di angka 46 persen," kata Annisa saat Webinar Basic Truck Bersama Isuzu, Jumat (13/11/2020).

Kendati demikian, lanjut Annisa, penjualan kendaraan jenis pikap masih cukup stabil dengan adanya kegiatan pada sektor logistik selama masa pandemi ini.

"Penjualan terbesar masih ada di Isuzu Elf, walaupun jika dibandingkan dengan tahun lalu, penurunannya cukup besar, yakni sekitar 37,9 persen. Sementara pikap Traga masih cukup stabil, bisa dikatakan tidak mengalami penurunan, hanya turun 0,2 persen dari tahun lalu,”," terangnya.

Simak juga : Kenalkan Mesin Sistem Commonrail, Isuzu Gelar Webinar Bersama Siswa dan Guru SMK

Annisa menerangkan, berdasarkan data penjualan Isuzu Januari – September 2020, Isuzu Elf ada di angka 5.935 unit, sedangkan di periode yang sama tahun 2019, ada di angka 9.500 unit. 

"Untuk posisi keduanya, ada Isuzu Traga dengan angka penjualan 4.286 unit hingga bulan September 2020 lalu," ungkap dia.

Menurut Annisa, perbandingan penjualan untuk pikap ini masih ada karena kebutuhannya sebagai kendaraan niaga ringan dengan GVW di bawah 5 ton.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Isuzu Traga berada di posisi kedua setelah Mitsubishi L300 dengan total wholesales 4.557 unit dari Januari sampai September 2020.

 

Share :

General Motors Batal Akuisisi Perusahaan Truk Listrik Nikola

Di bawah ketentuan nota kesepahaman, Nikola dan GM akan bekerja sama untuk mengintegrasikan teknologi sel bahan bakar Hydrotec GM ke dalam semi-truk.

Read More
Perhitungan Konsumsi BBM Truk dari Jakarta ke Surabaya

Total bahan bakar tersebut dihitung jika average konsumsi bahan bakar 1 liter mampu mencapai jarak 12,8 kilometer.

Read More
Perjalanan 50 Tahun KTB Fuso di Indonesia, Mulai dari Truk Kepala Kuning hingga eCanter

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), sebagai distributor resmi truk Fuso di Indonesia, sukses mencatat namanya di sejarah Indonesia, sebagai penjual truk terbanyak hingga usianya memasuki 50 tahun kini

Read More
honda

Terkini

Terpopuler