Jakarta, MobilKomersial.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali membuka tiga rute baru yakni TR1 (Stasiun Gongdangdia – Senen), TR2 (Stasiun Gongdangdia – Balaikota) dan JAK 10A (Stasiun Gondangdia – Cikini). Ketiga rute ini resmi dibuka pada Selasa (10/11/2020) kemarin.

Pembukaan ketiga rute ini disampaikan Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Prasetia Budi, sekaligus menambah jangkauan layanan Transjakarta yang tercatat sudah mencapai 83 persen pada tahun 2019 lalu. Dengan penambahan rute ini diharapkan bisa melayani mobilitas masyarakat, khususnya dalam hal transportasi.

Untuk ketiga layanan baru tersebut Transjakarta menyediakan sebanyak total 24 unit armada dengan rincian 8 (Delapan) unit Medium bus untuk rute TR1 (Stasiun Gongdangdia – Senen), 4 (empat) unit medium bus untuk rute TR2 (Gondangdia – Balaikota) dan sebanyak 12 unit Mikrotrans untuk layanan JAK 10A (Stasiun Gongdangdia – Cikini). 

Ketiga rute ini beroperasi setiap hari kerja Senin – Jumat mulai pukul 05.00 – 22.00. Untuk menikmati layanan TR1 dan TR2 selama dua minggu kedepan, pelanggan dikenakan biaya Rp 0 atau gratis, namun untuk selanjutnya dikenakan tarif regular Rp 3.500.

Baca juga : Asyik! Bakal Ada Bus Baru Mayasari untuk Operasional TransJakarta

Meski demikian, pelanggan tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out pada alat Tap On Bus (TOB) yang tersedia di dalam armada. Sedangkan untuk Jak10A Mikrotrans, saat ini pelanggan masih dapat menikmati tarif Rp 0 dengan menggunakan kartu Jak Lingko.

Berikut pemberhentian rute-rute baru Transjakarta :

1. TR1 (Stasiun Gongdangdia – Senen)

Arah Senen

St Gondangdia – Komplek AL – Kanisius – Telkom – Gambir 1 – Gambir 2 – Istiqlal – Lapangan Banteng – Wahidin – Ps Senen – St Senen.

Arah St Gondangdia

Stasiun Senen – Atrium 1 – Atrium 2 – RSPAD – Museum Kebangkitan – PMI – Tugu Tani – Halte Sekolah – BRI – Halte SMU – Stasiun Gondangdia

2. TR2 (Stasiun Gongdangdia – Balaikota)

Arah Balaikota :

Stasiun Gondangdia 1 – Komplek AL – BRI – Kanisius – Telkom – Balaikota

Arah St Gondangdia :

Balaikota – IRTI – Wisma Antara – BUMN – Gedung Dewan Pers – Gedung DPRD – Stasiun Gondangdia 2 – Stasiun Gondangdia 1

3. JAK 10A (Stasiun Gondangdia – Cikini)

St Gondangdia – Komplek AL – Kanisius – Telkom – Gambir 2 – Memperindag – Tugu Tani – Halte Sekolah – Bapindo – Halte SMU – St Gondangdia

Simak juga : Tahun Depan, Banyumas Bakal Operasikan BRT, Skemanya Mirip Transjakarta

Selanjutnya di masa PSBB Transisi ini, Transjakarta tentunya tetap memperhatikan segala prosedur kesehatan melakukan proses sanitasi seluruh armada kami secara berkala menggunakan cairan disinfektan.

Transjakarta membatasi daya angkut bus yakni maksimal 60 orang untuk bus gandeng, maksimal 30 orang untuk bus besar dan sebanyak 15 orang untuk bus kecil. 

Untuk menjalankan protokol kesehatan tersebut, pihak TransJakarta berharap pelanggan bisa bekerjasama dengan mematuhi semua prosedur kesehatan yang berlaku, guna memutus rantai penyebaran Covid-19, khususnya selama berada di area Transjakarta.

Pihak Transjakarta juga terus menghimbau kepada pelanggan untuk tetap di rumah saja apabila tidak ada hal mendesak. Apabila harus meninggalkan rumah karena terpaksa maka terapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dan selalu jaga kesehatan.

 

(Denny)

Share :

Bus Mungil Tanpa Pengemudi Mulai Beroperasi di Sakai Jepang

Bus tersebut diprogram untuk melaju dengan kecepatan 18 kilometer per jam dalam perjalanan pulang pergi sejauh 5 kilometer melalui pusat kota.

Read More
Asyik, Halte Transjakarta Kini Disediakan Wifi Berkecepatan Tinggi

Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelanggan Transjakarta baik yang akan melakukan perjalanan atau pun bagi pelanggan saat transit di 13 koridor utama Transjakarta.

Read More
Karoseri Laksana Perkenalkan Teknologi Bio Smart and Safe Bus

Sebagai salah satu pendukung dalam aktivitas masyarakat, Karoseri Laksana meluncurkan prototipe bus bio smart dengan menggunakan bus PO Sumber Alam

Read More
honda

Terkini

Terpopuler