Jakarta, MobilKomersial.com - Pada masa pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang terpaksa menunda untuk membeli kendaraan. Kondisi ini telah membuat pasar mobil nasional anjlok di tahun 2020 dibanding dengan tahun 2019. 

Data Gaikindo mencatat terjadi penurunan transaksi di tahun 2020 hingga 48% bila dibandingkan tahun 2019 periode yang sama yaitu Januari - September. 

Terpukulnya pasar mobil nasional membuat para pihak industri otomotif putar otak, segala upaya coba ditempuh untuk meramaikan kembali pasar otomotif. 

Salah satu upaya yang gigih dikemukakan adalah usulan kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani agar tarif Bea Balik Nama (BBN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil menjadi 0%.

Dari usulan yang diluncurkan beberapa waktu lalu itu ternyata tak semulus yang dibayangkan, pro dan kontra pun mulai bermunculan dari berbagai kalangan. 

Dari sisi pro, banyak kalangan menilai usulan tersebut adalah angin segar karena bisa meningkatkan lagi daya beli masyarakat yang semenjak pandemi drastis melemah. 

Namun untuk kalangan kontra, wacana tersebut dinilai kurang efektif karena bila dikaji lebih dalam banyak dampak negatif yang akan timbul, salah satunya hilangnya pendapatan negara.

"Perlu diperhatikan lagi pajak mana yang akan direlaksasi. Jangan sampai negara malah kehilangan pendapatan dari industri otomotif. Kita kan perlu memahami, sebuah mobil itu kan memang sebagian besar, nyaris 50% dari harganya, itu adalah unsur pajak," ucap Pengamat Otomotif, Bebin Djuana yang dilansir dari laman detikcom, Kamis (24/9).

Share :

Tips Aman Berkendara Jarak Jauh

Pengguna jalan dianjurkan untuk mengecek rute perjalanan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

Read More
Mau Melepas Stiker di Kendaraan? Begini Caranya Agar Tidak Berbekas

Beberapa stiker ada yang meninggalkan residu dari perekatnya saat dilepas yang tentu akan membuat tampilan kendaraan menjadi jelek dan kotor, bahkan bisa membuat cat rusak.

Read More
Masuk Musim Penghujan, Begini Cara Mudah Merawat Rem Cakram Kendaraan

Untuk membersihkan dan menghilangkan bunyi berdecit tersebut bisa dilakukan dengan cara membeli brake cleaner atau cairan pembersih rem yang tersedia di toko part kendaraan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler